Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Hujan Deras, Banjir Setinggi 1 Meter Rendam Ratusan Rumah Warga

Kompas.com - 26/03/2018, 23:33 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram, Maluku, menyebabkan rumah-rumah penduduk di wilayah tersebut tergenang banjir, Senin (26/3/2018) malam.

Di Dusun Laala, Desa Loki, misalnya, banjir setinggi satu meter ikut menerjang ratusan rumah warga setelah sungai yang ada di desa tersebut meluap. Banjir tersebut juga membuat perabot rumah warga mengalami kerusakan dan barang-barang lainnya hanyut.

Darwis Sileu, seorang warga dusun setempat, mengatakan kepada Kompas.com melalui ponselnya, banjir mulai menerjang rumah-rumah warga sejak pukul 19.30 WIT dan berangsur surut setelah hujan mereda sekitar pukul 11.10 WIT.

“Kami hanya pasrah, banyak barang-barang warga yang rusak akibat terendam banjir dan banyak juga yang hanyut,” kata Darwis.

Baca juga: Hujan Sejak Semalam, Empat Kecamatan di Sukabumi Terkena Banjir

Warga mengaku, banjir yang terjadi di dusun tersebut ikut merendam lebih dari 100 rumah warga. Banyak warga bahkan memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Namun, setelah banjir surut, warga kembali lagi ke rumahnya.

“Banjirnya tadi setinggi satu meter, banyak anak-anak yang harus diungsikan,” ujar Fadli, warga setempat.

Warga berharap agar Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dapat segera menormalisasi sungai yang ada di dusun tersebut. Sebab, saat musim hujan tiba, sungai tersebut selalu meluap dan mengakibatkan banjir.

“Kami sudah sangat kesulitan dengan kondisi kampung kami yang hampir setiap saat banjir. Kami minta tolong kepada pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi agar bisa membantu kami untuk menormalisasi Sungai Laala karena kami sudah tak bisa berbuat apa-apa. Kami hanya bisa pasrah saat hujan tiba," pinta Fadli.

Baca juga: Tertimpa Tembok Saat Selamatkan Warga yang Terjebak Banjir, Seorang Polisi Kritis

Kompas TV Warga korban banjir di Lebak, Banten, mulai membersihkan rumah, Minggu (25/3) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com