Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Ridwan Kamil untuk Milenial, "Cuekmu Hari Ini, Deritamu Masa Depan"

Kompas.com - 25/03/2018, 09:15 WIB
Dendi Ramdhani,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap agar kaum milenial dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Hal itu dikatakan Ridwan saat diskusi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabar di Kafe Banyu Leisure, Bandung, Sabtu (24/3/2018).

"Millenial itu sebenarnya aktif, tapi sebagian dari mereka suka golput. Jadi kampanye kita akan memastikan mereka datang ke TPS. Bahasa saya, cuekmu hari ini adalah deritamu di masa depan," kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil pun mengaku akan melakukan safari kepada kalangan milenial untuk merangkul anak muda memakai hak politiknya. Apalagi jumlah kaum milenial di Jabar mencapai 30 persen dari 31 juta pemilih.

Baca juga : Komentar Ridwan Kamil soal Elektabilitasnya Tersalip dalam Survei Kompas

"Saya akan lakukan safari Milenial agar mereka tahu kalau pasangan RINDU (Ridwan-Uu) adalah yang paling dekat secara usia dengan mereka. Saya akan sangat antusias untuk memenuhi undangan diskusi dari mahasiswa, organisasi kepemudaan, atau ormas," ucapnya.

Emil menjelaskan, safari milenial juga menjadi wadah untuk menampung aspirasi anak muda yang akan diimplementasikan dalam programnya. Emil pun akan menawarkan beberapa solusi persoalan kaum muda yang sering dibahas seperti ekonomi, pekerjaan, eksistensi diri, hingga persiapan masa depan.

Baca juga : Komentar Ridwan Kamil soal Banjir Bandang di Kota Bandung

"Program RINDU banyak, misalnya satu daerah satu produk, sekolah di pabrik agar orang lokal bisa kerja, reorientasi kurikulum sekolah digital, kredit tanpa agunan. Jawaban dari RINDU (untuk masalah para Millenial) itu pragmatis, mudah dieksekusi dan dapat menyelesaikan masalah,” tuturnya.

Mengingat besarnya potensi suara dari kaum milenial, Emil menargetkan dapat meraup 70 persen suara.

"Sekitar 50 persen suara di Jawa Barat adalah kaum Milenial. Mudah-mudahan 70 persen dari mereka memilih kita," kata Emil. (K106-15)

Kompas TV Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas calon Gubernur Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com