Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani, Nelayan, dan Buruh Hibahkan 1 Hektar Tanah pada Cak Imin

Kompas.com - 20/03/2018, 12:53 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melanjutkan safari politik di wilayah priangan timur Jawa Barat, Selasa (20/3/2018).

Kali ini, pria yang akrab disapa Cak Imin ini menghadiri deklarasi pemberian dukungan dan mandat sebagai calon wakil presiden RI pada Pilpres 2019 dari kelompok petani, nelayan, dan buruh di Pantai Karapyak, Pangandaran, Jawa Barat.

Dalam deklarasi dukungan tersebut, organisasi Serikat Petani Pasundan (SPP) yang merupakan salah satu LSM terbesar di Jawa Barat menghibahkan sertifikat tanah seluas satu hektar di Jalan Raya Ciamis-Cirebon kepada Cak Imin sebagai simbol dukungan.

“Tanah itu dari rakyat, saya hanya menyampaikan mandat. Sertifikat ini sebagai simbol perjuangan,” kata Ketua Umum SPP Agustiana saat ditemui seusai deklarasi, Selasa siang.

(Baca juga : Cak Imin: Saya Tidak Ambisius Jadi Cawapres Pak Jokowi )

Agustiana menambahkan, tanah tersebut diperjuangan oleh kelompok SPP untuk kepentingan petani, buruh, dan nelayan di wilayah priangan timur dan selatan.

“Perjuangan untuk memperebutkan tanah itu berdarah-darah selama 17 tahun. Saya dua kali masuk penjara gara-gara tanah itu. Dan simbol ini diberikan kepada Cak Imin sebagai simbol kemuliaan,” tuturnya.

Tanah eks perkebunan tersebut rencananya akan dibangun Muhaimin Centre. “Akan dijadikan pusat pengabdian, pelayanan, dan pembelaan rakyat,” ungkapnya.

Cak Imin mengaku terharu dengan dukungan para petani, nelayan, dan buruh di Pangandaran. Dia pun mengaku seperti kembali ke rumah sendiri setelah melalui rutinitas di dunia politik yang hingar bingar.

(Baca juga : Cak Imin Kecewa Raja Salman Abaikan Rasa Hormat yang Ditunjukkan Indonesia )

“Kadang-kadang kita sering lupa nilai ajaran Bung Karno, nilai-nilai ajaran Gus Dur, nilai-nilai ajaran kerakyatan, nilai-nilai juang para petani. Setelah saya ketemu Jang Agustiana, ketemu dukungan petani, nelayan, buruh yang bergabung dalam koalisi masyarakat sipil ini saya jadi merasa kembali ke rumah asli saya yaitu rakyat sesungguhnya,” ungkap Cak Imin.

Dengan dukungan para petani, nelayan, dan buruh Pangandaran, Muhaimin mengaku makin percaya diri untuk maju mewujudkan cita-citanya menjadi cawapres RI di ajang Pilpres 2019.

“Kemarin wajah saya tidak se-Pede hari ini. Tapi dari tempat ini saya nyatakan saya siap mengemban amanah. Saya jadi lebih percaya diri lagi untuk menghadirkan Indonesia yang makmur,” tuturnya.

Cak Imin menambahkan, perjuangannya bukan untuk kepentingan pribadi semata.

“Perjuangan saya bukan untuk pribadi, perjuangan saya bukan untuk Muhaimin Iskandar. Perjuangan saya bukan hanya untuk Nahdlatul Ulama dan PKB. Tapi perjuangan saya untuk mereka yang hadir dengan ikhlas hari ini untuk para petani, nelayan, buruh yang memang tidak ada jalan yang membuat mereka lancar mendapatkan hak-haknya,” tandasnya.

Kompas TV Bursa calon wakil presiden di Pilpres 2019 belum terprediksi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com