Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Ridwan Kamil soal Hasil Debat Pilkada Jabar 2018

Kompas.com - 13/03/2018, 13:06 WIB
Dendi Ramdhani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat gubernur Jawa Barat dari pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil, berpendapat bahwa debat publik perdana Pilgub Jabar pada Senin (12/3/2018) malam berjalan seru dan kompetitif.

Kondisi itu dinilai sangat baik bagi masyarakat Jawa Barat dalam menentukan calon pemimpinnya lima tahun ke depan.

"Saya kira ini proses agar masyarakat Jabar bisa mengenali program dan kapasitas dari pasangan masing-masing pilihan ada empat, tentu tidak mudah untuk memilih," ucap Emil, sapaan akrabnya, Senin malam.

Emil mengaku sudah menampilkan performa maksimal dalam menjabarkan visi dan misi bersama pasangannya, Uu Ruzhanul Ulum. Meski tak mudah, Emil mengaku cukup puas lantaran mampu menjawab semua pertanyaan dan memaparkan gagasannya.

"Maka, kami pun dengan segala kekurangan menampilkan cara komunikasi gagasan yang terbaik. Tidak mudah, tapi alhamdulilah sebagian besar pertanyaan sudah kami antisipasi. Kami juga sudah latihan," tuturnya.

Baca juga: Dianggap Terlalu Dominan Saat Debat, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Dia berharap pada debat kedua nanti, pasangan Rindu bisa makin kompak berkaca pada hasil debat malam tadi.

"Saya dengan Pak Uu makin lama insya Allah makin mantap sehingga di debat berikutnya kami akan sempurnakan yang kurang. Tentunya kami pertahankan yang positif. Kalau review dari medsos sih baik," jelas Emil.

Dia mengakui jika masih ada kekurangan selama sesi debat perdana tersebut berlangsung. Menurut dia, salah satu yang perlu diperbaiki yakni menganalisis persoalan spesifik.

"Mungkin nanti akan membahas dengan Pak Uu terkait hal spesifik. Tadi ada hal spesifik, Pak Uu disindir di Kabupaten Tasik kan begitu, Pak Uu yang turun. Saya kira itu hal yang mungkin harus diperbanyak lagi isu apa yang nanti dipertanyakan di debat berikutnya," ujarnya.

Baca juga: Debat Pilgub Jabar, Sudrajat dan Ridwan Kamil Adu Argumen Masalah Perempuan

Kompas TV Jawabannya ada dua, satu kepemimpinan, dua teknologi di Kota Bandung.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com