Deddy Mizwar: Enggak Semua Pertanyaan Bisa Saya Jawab - Kompas.com

Deddy Mizwar: Enggak Semua Pertanyaan Bisa Saya Jawab

Kompas.com - 13/03/2018, 06:38 WIB
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kiri) dan Dedi Mulyadi menyampaikan visi dan misi saat Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Senin (12/3). Debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar pertama tersebut mengangkat sejumlah isu seperti politik, hukum, ekonomi, pemerintahan daerah, UMKM dan infrastruktur. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kiri) dan Dedi Mulyadi menyampaikan visi dan misi saat Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Senin (12/3). Debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar pertama tersebut mengangkat sejumlah isu seperti politik, hukum, ekonomi, pemerintahan daerah, UMKM dan infrastruktur.

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menolak untuk menjawab pertanyaan yang dipilihnya pada segmen terakhir debat pertama Pilkada Jawa Barat 2018 yang digelar di Sasana Budaya Ganesha, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (12/3/2018).

Dalam segmen tersebut, setiap calon gubernur memilih satu amplop berisi pertanyaan. Kebetulan pada saat Deddy yang mengambil, pertanyaannya adalah seputar industri yang memasuki era mesin.

“Temanya industri. Dewasa ini dunia menghadapi revolusi industri 4.0 dan era disrupsi. Kemajuan ini bisa jadi ancaman tenaga manusia yang diganti jadi mesin. Apa yang bisa Anda lakukan untuk tantangan ini jadi peluang yang bermanfaat bagi warga Jabar?" kata Rosiana Silalahi, moderator Debat Publik Pilkada Jawa Barat Pertama, Senin malam.

Deddy ogah menjawab pertanyaan tersebut. Dia mengatakan bakal meminta bantuan para ahli dan profesional untuk memikirkan.

Baca juga: Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi Datang Bareng ke Lokasi Debat Publik

“Saya enggak bisa jawab pertanyaan ini. Nanti saya minta ahlinya untuk selesaikan masalah itu. Kita di sini seolah-olah bisa menjawab semua persoalan. Kenapa? Kenapa kita harus tahu persoalan yang kadang-kadang kita enggak tahu?” ujar Deddy.

Seusai debat, pria yang akrab disapa Demiz ini mengatakan, pernyataannya di atas panggung yang disaksikan langsung ke seluruh Indonesia adalah hal yang realistis.

“Kalau enggak tahu, ya kita bilang saja enggak tahu, panggil tenaga ahli. Enggak semuanya bisa kita jawab. Kayak orang super aja,” tuturnya.

Deddy mengatakan, dia tidak mau terkesan membohongi masyarakat Jawa Barat dengan mengatakan dan mencari solusi apa yang tidak dikuasainya.

“Kalau saya paksakan jawab untuk sesuatu yang tidak saya mengerti, itu kebohongan. Itu menunjukkan kita manusia. Kita bukan dewa, bukan orang yang super. Kita jangan menduga penyelesaian masalah. Ini bahaya,” ucapnya.

Baca juga: Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi Ingin Wujudkan Jabar Adil, Sejahtera dan Berkarakter

Kompas TV Visi Duo DM adalah mewujudkan Jawa Barat yang adil, sejahtera, dan berkarakter. 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X