Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hasanah" Bakal Terapkan Nawacita Presiden Jokowi di Jawa Barat

Kompas.com - 10/03/2018, 07:37 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat TB Hasanudin - Anton Charliyan Amanah (Hasanah) menjamin akan mengadopsi program-program Nawacita Presiden RI Joko Widodo ke Jawa Barat jika nantinya pasangan tersebut terpilih sebagai pemenang dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

“Kami mengacu pada program pembangunan yang digulirkan Pak Jokowi yang dikenal dengan Nawacita,” kata calon gubernur Jawa Barat TB Hasanudin atau yang akrab disapa Kang Hasan di Bandung, Sabtu (10/3/2018).

Meski demikian, Hasan mengatakan, dari 9 program Nawacita prioritas Presiden Jokowi, hanya sebagian besar yang dijadikan landasan untuk program-program pasangan Hasanah.

“Tentunya (program Nawacita) akan disesuaikan dengan kondisi di Jawa Barat,” tuturnya.

Hasan mengatakan, Program Nawacita Presiden Jokowi wajib diadopsi oleh pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena telah diatur secara jelas di dalam perundang-undangan.

“Sistem pembangunan yang berlaku harus sesuai dengan UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa pembangunan nasional dan daerah tidak bisa dipisahkan,” imbuhnya.

Baca juga : Keluarga Besar Ponpes Suryalaya Dukung Pasangan Hasanah di Pilkada Jabar

Dengan melihat Jawa Barat saat ini, pasangan Hasanah telah memilah program Nawacita Presiden Jokowi menjadi 7 program unggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Jawa Barat.

Program-program yang diberi nama Sawelas Asih tersebut mencakup penyediaan lapangan pekerjaan (Boga Gawe), pembangunan, renovasi dan penyediaan rumah murah untuk rakyat (Imah Rempeg), penggratisan biaya sekolah khususnya tingkat SMA (Sakola Gratis), penyediaan sarana dan pelayanan kesehatan (Jabar Cageur), pembangunan infrastruktur serta perbaikan stabilitas keamanan (Turkamling), dan pengawasan kinerja ASN melalui website Molotot.com.

Baca juga : Bela Petani, Pasangan Hasanah Tawarkan Program Jabar Seubeuh

“Program-program ini dilakukan untuk mewujudkan visi kami yaitu terwujudnya rakyat Jawa Barat yang makmur berbasiskan sumber daya manusia dan budaya,” tandasnya.

Kompas TV Di Bandung, Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menghadiri deklarasi pilkada aman dan damai yang diselenggarakan oleh MUI Jawa Barat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com