Pelempar Rokok ke Orangutan di Kebun Binatang Bandung Serahkan Diri ke Polisi

Kompas.com - 09/03/2018, 16:25 WIB
Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto yang didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo serta Kepala Kesehatan dan Penelitian Kebun Binatang Bandung Dedi Trisasongko tengah menjelaskan peristiwa pelemparan rokok oleh pengunjung kepada orangutan di Kebun Binatang Bandung. KOMPAS.com/AGIE PERMADIKapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto yang didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo serta Kepala Kesehatan dan Penelitian Kebun Binatang Bandung Dedi Trisasongko tengah menjelaskan peristiwa pelemparan rokok oleh pengunjung kepada orangutan di Kebun Binatang Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto menyebutkan, pengunjung yang diduga melemparkan rokok ke satwa orangutan bernama Ozon menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung.

Agung menjelaskan, pelemparan tersebut terjadi pada Minggu (4/3/2018), saat itu pengunjung yang diketahui berinisial DJ ini berkunjung ke Kebun Binatang Bandung dengan maksud melakukan wisata bersama keluarga.

Layaknya pengunjung yang lain, mereka sempat melihat-lihat binatang di sana. Namun, dalam kunjungan tersebut, pelaku sempat menyalakan rokok dan melemparkan rokok itu ke dalam kandang orangutan.

Satwa itu pun kemudian mengambil rokok tersebut dan mengisapnya beberapa kali.

"Di situ ada seorang pengunjung di Kebun Binatang Bandung memberikan puntung rokok karena sudah diisap yang bersangkutan dan dilempar ke satwa orangutan," kata Agung dalam rilis pengungkapan penganiayaan terhadap hewan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (9/3/2018).

Baca juga: Pengunjung yang Lempar Rokok ke Orangutan Dilaporkan ke Polisi

Perbuatan DJ ini direkam oleh pengunjung lainnya dan diunggah ke media sosial.

"Polrestabes Bandung langsung mengecek ke lokasi, memastikan dan koordinasi dengan Kebun Binatang Bandung, dan benar peristiwa itu terjadi," ujar Agung.

Setelah berkoordinasi, polisi langsung melakukan penyelidikan melalui tim Cyber. Identitas pengunjung yang melempar puntung rokok itu pun ditemukan.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan. Namun, ternyata pengunjung berinisial DJ ini berinisiatif menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung.

"Saudara DJ ini datang ke Polrestabes Bandung menyerahkan diri. Motif pengunjung ini hanya iseng. Pelaku tidak ditahan," tutur Agung.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X