Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Kebun Binatang Sebar Foto Pelempar Rokok pada Orangutan

Kompas.com - 08/03/2018, 12:53 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) akan menyebar foto pengunjung yang diduga sengaja melemparkan sebatang rokok pada seekor orangutan bernama Ozon.

Sulhan Syafi'i, Humas Bandung Zoo mengatakan, foto pelaku akan dipasang di tiap pintu masuk Bandung Zoo serta disebar di media sosial.

"Rencananya setelah makan siang kita akan tempel di pintu masuk dan di medsos kita akan disebarkan, minta bantuan juga ke teman media," ujar Sulhan, Kamis (8/3/2018).

Selain itu, Sulhan akan mengecek wajah pelaku di kamera pengawas untuk mendapatkan gambar wajah pelaku yang lebih jelas.

(Baca juga : Pengunjung yang Lempar Rokok ke Orangutan Dilaporkan ke Polisi )

"Kita sudah dapat capture foto dan wajahnya sangat jelas dan kita sekarang lagi ngecek CCTV kita, kita bongkar hardisk-nya lagi dilihat dan kita akan ambil foto dengan tingkat resolusi yang lebih jelas," kata Sulhan.

Pihak pengelola juga memutuskan melaporkan tindakan pelaku kepada pihak kepolisian. Manajemen, sambung Sulhan, bakal menyertakan hasil rekaman kamera pengawas sebagai bahan laporan.

"Nanti kita bawa hasil CCTV, nanti terserah polisi," ucapnya.

Namun, Sulhan berharap pelaku dapat menghubungi pengelola sebelum polisi bertindak. Pihak Bandung Zoo, sambung Sulhan, hanya meminta pelaku meminta maaf secara terbuka agar perbuatannya tak ditiru masyarakat.

"Kita harap dia segera laporan ke polisi atau ke kita agar yang bersangkutan bisa minta maaf, bukan ke kita tapi ke warga dunia karena ini kan satwa milik negara perwakilan di alam yang sudah terancam punah," jelasnya. 

Kompas TV Pihak pengelola kebun binatang memastikan akan memperketat pengawasan terhadap satwa dan para pengunjung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com