Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olah TKP Kecelakaan Karambol di Solo, Polda Jateng Pakai Metode TAA 3 Dimensi

Kompas.com - 07/03/2018, 16:36 WIB
Labib Zamani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com
- Ditlantas Polda Jawa Tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan karambol di perempatan Jalan Sumpah Pemuda Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (7/3/2018), menggunakan metode traffic accident analysis (TAA) tiga dimensi.

Kecelakaan karambol itu melibatkan delapan kendaraan yang mengakibatkan empat orang tewas dan tiga orang luka-luka.

Kasi Lakalantas Ditlantas Polda Jawa Tengah Kompol I Ketut Sudana mengatakan, olah TKP merupakan bentuk eksistensi Polda Jateng terhadap jajaran Polres terkait kecelakaan karambol yang mengakibatkan empat korban tewas dan luka-luka.

"Nanti animasi bentuknya. Metode ini untuk merekonstruksi kejadian yang sebenarnya di lapangan," kata Ketut saat ditemui di sela-sela olah TKP di Jalan Sumpah Pemuda, Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Baca juga: Kecelakaan Karambol 8 Kendaraan di Solo, 3 Korban Tewas dan 2 Luka Kritis

Olah TKP dimulai dari awal bekas pengereman kendaraan truk tronton (sumber kecelakaan) hingga kecelakaan itu terjadi. Sementara ini, selama olah TKP berlangsung, arus lalu lintas dialihkan.

Pengalihan arus lalin tersebut agar tidak mengganggu proses scanning saat olah TKP berlangsung. Proses olah TKP juga melibatkan jajaran Satlantas Polresta Surakarta.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan karambol melibatkan delapan kendaraan itu menewaskan sedikitnya empat orang dan tiga luka-luka.

Kapolresta Surakarta Kombes Ribut Hari Wibowo mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi dan koordinasi dengan dinas terkait guna pengecekan terhadap kelayakan kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Di samping itu, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel di lokasi kejadian guna membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat karena jalur tersebut rawan kecelakaan.

"Papan-papan imbauan juga kami pasang nanti di sana supaya masyarakat yang melihat itu berhati-hati," kata Kapolresta.

Baca juga: Korban Tewas Kecelakaan Karambol 8 Kendaraan di Solo Jadi 4 Orang

Kompas TV Apel Operasi Keselamatan meliputi pemeriksaan kelengkapan surat dan fisik kendaraan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com