Berita Foto: Perjuangan Ratusan Marinir Berenang Seberangi Selat Sunda Sejauh 39 Km

Kompas.com - 06/03/2018, 13:16 WIB
Peserta mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro APeserta mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

BANTEN, KOMPAS.com - Ratusan marinir dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dari Dermaga Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya di Bakauheni, Lampung, Jumat (2/3/2018) pukul 21.30 WIB, untuk mengikuti lomba renang melintasi Selat Sunda.

Para peserta harus berenang menempuh jarak sejauh 39 kilometer untuk finis di Pantai Tanjung Sekong, Merak, Banten.

Kopda Marinir Budi Santoso dari satuan Yontaifib-2 Marinir keluar menjadi pemenang setelah menyentuh garis finis pada Sabtu (3/3/2018) sekitar pukul 07.05 WIB. Dia mencetak waktu tempuh 9 jam 29 menit 56 detik.

(Baca selengkapnya: Ratusan Marinir Lomba Renang Seberangi Selat Sunda Sejauh 39 Km, Ini Pemenangnya)


Catatan waktu ini mematahkan rekor sebelumnya yang dengan catatan waktu 9 jam 47 menit dan 5 detik yang dicatat Praka Mar Tayuri dari Yonif-4 Marinir pada acara yang sama pada tahun 1996.

Pada saat yang sama, Korps Marinir juga menggelar lomba dayung dengan lintasan dan jarak yang sama dengan lomba renang.

Pada lomba ini, tim dayung Yonif-8 Marinir yang bermarkas di Pangkalan Brandan, Medan, Sumatera Utara, mencapai garis finis dengan catatan waktu tercepat 5 jam 31 menit 7 detik.

(Baca juga: Dihadiahi Mobil, Marinir Pemenang Lomba Renang Seberangi Selat Sunda Sejauh 39 Km)

Kedua lomba ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-72 Korps Marinir. Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda tercatat sebagai pergelaranlomba renang dan dayung dengan jarak terjauh di Indonesia.

Acara ini digelar Korps Marinir sejak 1991 dan pada 2018 ini merupakan lomba yang ke-9.

Berikut ini foto-foto unik dari kegiatan ini:

 

Peserta melakukan persiapan sebelum mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj/18.WAHYU PUTRO A Peserta melakukan persiapan sebelum mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj/18.

 

Peserta melakukan persiapan sebelum mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.ANTARA FOTO/Wahyu Putro A Peserta melakukan persiapan sebelum mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (kiri) didampingi Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kanan) melepas peserta lomba renang melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (kiri) didampingi Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kanan) melepas peserta lomba renang melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

Peserta mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A Peserta mengikuti lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (kedua kiri) berenang seusai melepas peserta lomba renang melintasi selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (kedua kiri) berenang seusai melepas peserta lomba renang melintasi selat Sunda di kawasan Dermaga Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung, Jumat (2/3). Sebanyak 289 peserta renang dan 58 tim dayung dari Korps Marinir, TNI/Polri dan umum mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Korps Marinir dengan jarak tempuh 39 km dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

Peserta berenang menuju titik finis pada lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir di Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Sabtu (3/3). Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda dengan jarak tempuh 39 km dari Bakau Jaya Bakauheni, Lampung, menuju Tanjung Sekong, Banten, tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro Peserta berenang menuju titik finis pada lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir di Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Sabtu (3/3). Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda dengan jarak tempuh 39 km dari Bakau Jaya Bakauheni, Lampung, menuju Tanjung Sekong, Banten, tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

Salah satu peserta lomba renang menyeberangi Selat Sunda yang digelar oleh Korps Marinir, Jumat hingga Sabtu (3/3/2018).dok. Dispen Kormar Salah satu peserta lomba renang menyeberangi Selat Sunda yang digelar oleh Korps Marinir, Jumat hingga Sabtu (3/3/2018).

 

Kopda Marinir Budi Santoso dari satuan Yontaifib-2 Marinir keluar menjadi pemenang lomba renang menyeberangi Selat Sunda, Sabtu (3/3/2018).dok. Dispen Kormar Kopda Marinir Budi Santoso dari satuan Yontaifib-2 Marinir keluar menjadi pemenang lomba renang menyeberangi Selat Sunda, Sabtu (3/3/2018).

 

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kanan) memandu perenang perempuan seusai finis pada lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir di Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Sabtu (3/3). Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda dengan jarak tempuh 39 km dari Bakau Jaya Bakauheni, Lampung, menuju Tanjung Sekong, Banten, tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kanan) memandu perenang perempuan seusai finis pada lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir di Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Sabtu (3/3). Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda dengan jarak tempuh 39 km dari Bakau Jaya Bakauheni, Lampung, menuju Tanjung Sekong, Banten, tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendayung paddle board ketika menghadiri lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir di Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Sabtu (3/3). Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda dengan jarak tempuh 39 km dari Bakau Jaya Bakauheni, Lampung, menuju Tanjung Sekong, Banten, tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendayung paddle board ketika menghadiri lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir di Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Sabtu (3/3). Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda dengan jarak tempuh 39 km dari Bakau Jaya Bakauheni, Lampung, menuju Tanjung Sekong, Banten, tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Marinir.

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ,ANTARA FOTO
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Ini Identitas 8 Korban Tewas Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang

Ini Identitas 8 Korban Tewas Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang

Regional
Wakil Gubernur Jabar: Sunda Empire dan Kesultanan Selaco Sah-sah Saja

Wakil Gubernur Jabar: Sunda Empire dan Kesultanan Selaco Sah-sah Saja

Regional
Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang yang Tewaskan 8 Orang

Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang yang Tewaskan 8 Orang

Regional
Ladang Ganja Ditemukan di Gunung Guntur Garut

Ladang Ganja Ditemukan di Gunung Guntur Garut

Regional
Bus yang Terguling dan Tewaskan 8 Orang Angkut Wisatawan dari Tangkuban Parahu

Bus yang Terguling dan Tewaskan 8 Orang Angkut Wisatawan dari Tangkuban Parahu

Regional
Satu Kantor Desa di Tasikmalaya Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal

Satu Kantor Desa di Tasikmalaya Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal

Regional
Korban Tewas Kecelakaan Bus di Subang Bertambah Jadi 8 Orang

Korban Tewas Kecelakaan Bus di Subang Bertambah Jadi 8 Orang

Regional
Sultan Putra Kusumah VIII: Kesultanan Selaco Cagar Budaya dan Diakui UNESCO

Sultan Putra Kusumah VIII: Kesultanan Selaco Cagar Budaya dan Diakui UNESCO

Regional
Dibekap, Jasad Dibuang ke Jurang, Anak Hakim Medan Ingin Pelaku Dihukum Seumur Hidup

Dibekap, Jasad Dibuang ke Jurang, Anak Hakim Medan Ingin Pelaku Dihukum Seumur Hidup

Regional
Kapal Pengangkut 25 Drum Avtur Hilang Kontak di Laut Maluku Sejak Sepekan Lalu

Kapal Pengangkut 25 Drum Avtur Hilang Kontak di Laut Maluku Sejak Sepekan Lalu

Regional
Tepergok Mesum di Parkiran Mal, Pengemudi Honda Jazz Tabrak Satpam dan Palang Otomatis

Tepergok Mesum di Parkiran Mal, Pengemudi Honda Jazz Tabrak Satpam dan Palang Otomatis

Regional
Bus Pariwisata Alami Kecelakaan di Subang, 6 Orang Tewas

Bus Pariwisata Alami Kecelakaan di Subang, 6 Orang Tewas

Regional
Bolos Kerja 176 Hari, 3 Guru SD dan 1 Pegawai Administrasi SMP Terancam Dipecat

Bolos Kerja 176 Hari, 3 Guru SD dan 1 Pegawai Administrasi SMP Terancam Dipecat

Regional
Siswi SD Diperkosa 8 Pemuda, Korban Dibuat Mabuk dengan Lem Cap Kambing

Siswi SD Diperkosa 8 Pemuda, Korban Dibuat Mabuk dengan Lem Cap Kambing

Regional
Solusi Permanen Risma untuk Atasi Banjir di Surabaya

Solusi Permanen Risma untuk Atasi Banjir di Surabaya

Regional
komentar di artikel lainnya
Close Ads X