Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Anggota Polres Sigi Boncengkan Jenazah

Kompas.com - 05/03/2018, 23:02 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.


PALU, KOMPAS.com – Video berdurasi 6 menit 38 detik memperlihatkan seorang anggota polisi dari Kepolisian Resor Sigi, Sulawesi Tengah, nekat membonceng dua orang dewasa. Video yang diunggah oleh seorang warganet ini pun akhirnya viral di media sosial.

Anehnya, video ini bukan mendapat kecaman atau hujatan, melainkan justru mengundang banyak simpati dari warganet.

Ternyata, jika dilihat dalam video itu, anggota polisi yang diketahui bernama Brigadir Kepala  Mohammad Rizal itu tengah membantu evakuasi jenazah seorang ibu rumah tangga dari Puskesmas Dombu ke rumahnya di Desa Wawujai, Kecamatan Marawola Barat.

Menurut Bripka Rizal, ini merupakan misi kemanusiaan dan kepedulian dirinya sebagai anggota Bhabinkamtibmas di wilayah Marawola Barat, tepatnya di Desa Ongulero.

“Tadinya kalau jenazah ini ditandu dengan berjalan kaki untuk sampai ke rumahnya. Kalau jalan kaki butuh waktu sekitar lima jam lamanya. Akhirnya saya berinisiatif untuk membonceng jenazah itu dan dipegangi dengan suaminya agar tidak jatuh. Dengan menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan ini bisa kita persingkat menjadi tiga jam,” kata Bripka Rizal, Senin (5/3/2018).

Baca juga: Viral, Video Pengantin Wanita Pingsan usai Dipeluk Mantan Pacarnya

Lokasi rumah duka yang berada di atas pegunungan itu, menurut dia, memang hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Dari penuturan Bripka Rizal, diketahui bahwa Riana meninggal lantaran menenggak racun rumput.

Korban sempat dibawa ke RS Tora Belo Jalan Poros Palu-Pakuli, Sigi, Sabtu (3/3/2018), tetapi nyawanya tidak tertolong.

Untuk sampai ke rumah duka, Bripka Rizal juga ditemani tiga orang sesama anggota Bhabinkamtibmas, yaitu Brigadir Yani Soelo yang bertugas di Desa Dombu, Briptu Ahmad Dedi Utomo dari Desa Wayu, dan Bripka Nyoman Suyasa dari Taipanggabe.

Atas dedikasi ini, Kapolres Sigi AKBP Agung Kurniawan bakal memberikan penghargaan kepada empat anggotanya tersebut.

“Sebenarnya hari ini (Senin) empat orang anggota saya akan kami berikan reward atau piagam penghargaan. Namun, karena tadi ada kegiatan di Polda, insya Allah besok baru kami berikan,” ujar Agung.

Baca juga: Viral, Video Helikopter Polisi Dipakai untuk Terbangkan Pengantin


Kompas TV Bencana tanah longsor hingga saat ini, masih mengancam warga Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com