Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Marinir Lomba Renang Seberangi Selat Sunda Sejauh 39 Km, Ini Pemenangnya

Kompas.com - 05/03/2018, 12:42 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber

BANTEN, KOMPAS.com — Sebanyak 290 marinir mengikuti lomba renang melintasi Selat Sunda pada akhir pekan lalu.

Mereka dilepas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dari Dermaga Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya di Bakauheni, Lampung, Jumat (2/3/2018) pukul 21.30 WIB.

Para peserta harus berenang menempuh jarak sejauh 39 kilometer untuk finis di Pantai Tanjung Sekong, Merak, Banten.

Kali ini, Kopda Marinir Budi Santoso dari satuan Yontaifib-2 Marinir keluar menjadi pemenang karena menyentuh garis finis pada Sabtu (3/3/2018) sekitar pukul 07.05 WIB.

(Baca juga: Dihadiahi Mobil, Marinir Pemenang Lomba Renang Seberangi Selat Sunda Sejauh 39 Km )

Kopda Marinir Budi mencetak waktu tempuhnya 9 jam 29 menit 56 detik dan sekaligus mematahkan rekor sebelumnya yang dengan catatan waktu 9 jam 47 menit dan 5 detik yang dicatat Praka Mar Tayuri dari Yonif-4 Marinir pada acara yang sama pada tahun 1996.

Perenang kedua yang berhasil mencapai finis adalah Praka Marinir Putu Arsana dari Denjaka dengan catatan waktu tempuh 9 jam 46 menit 37 detik, sedangkan di peringkat ketiga adalah Letda Mar Marcel Galih dari Yonif-4 Marinir dengan catatan waktu 9 jam 48 menit 32 detik.

Pada saat yang sama, Korps Marinir juga menggelar lomba dayung dengan lintasan dan jarak yang sama dengan lomba renang.

(Baca juga: Viral Foto Kucing Digantung gara-gara Curi Ayam Goreng, Hoaks atau Fakta?)

Pada lomba ini, tim dayung Yonif-8 Marinir yang bermarkas di Pangkalan Brandan, Medan, Sumatera Utara, berhasil menjadi tim dayung tercepat yang mencapai garis finis dengan catatan waktu 05.31.07’23.

Di tempat kedua adalah tim dayung Yonif-3 Marinir Surabaya, Jawa Timur, dengan waktu tempuh 05.38.02’86, sedangkan di tempat ketiga adalah tim dayung Yonif-10 Marinir Batam dengan waktu tempuh 05.39.54’66.

(Baca juga: Viral, Video Helikopter Polisi Dipakai untuk Terbangkan Pengantin)

Kedua lomba ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-72 Korps Marinir. Lomba renang dan dayung melintasi Selat Sunda tercatat sebagai pergelaranlomba renang dan dayung dengan jarak terjauh di Indonesia.

Acara ini digelar Korps Marinir sejak 1991 dan pada 2018 ini merupakan lomba yang ke-9.


Artikel ini telah tayang di Tribunwartakota.com, Minggu (4/3/2018), dengan judul Kopda Marinir Budi Santoso Perenang Tercepat Lintasi Selat Sunda

 

Kompas TV Tak hanya itu, gelaran acara juga dimeriahkan dengan pesta rakyat dan berbagai lomba yang diikuti para pelajar dan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com