Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Tali Pusar, Seorang Bayi Ditemukan di Kios Tambal Ban

Kompas.com - 27/02/2018, 14:15 WIB
Muhlis Al Alawi,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan di kios tambal ban milik Tarto di Jalan Ir Juanda, Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Selasa (27/2/2018). Bayi itu ditemukan dalam kondisi hidup, lengkap dengan tali pusar dan posisi tengkurap.

Kapolsek Jebres AKP Juliana Bangun yang dikonfirmasi, Selasa (27/2/2018), membenarkan mengenai penemuan bayi tersebut. Bayi itu pertama kali ditemukan oleh pedagang susu segar saat akan pulang ke rumahnya.

“Bayi itu pertama kali ditemukan Aditya Bayu Kusuma (31) dan Dinar Royyanto Mukhlish (33) saat akan pulang berjualan susu segar. Usai menemukan bayi itu, keduanya menyerahkan ke Klinik Bhayangkara Polresta Solo,” kata Juliana.

Menurut Juliana, setelah keduanya berjualan susu segar di rumah mertuanya, mereka mendengar suara bayi menangis di seberang jalan. Sesaat kemudian, keduanya mendapati sesosok bayi yang tergeletak di bawah kursi kios tambal ban.

Baca juga: Viral Bayi Terbaring di Minimarket, Polisi Amankan Zafrul karena Diduga Eksploitasi Anak

Juliana menyatakan, saat bayi itu ditemukan, kondisi tali pusarnya masih menempel dan belum dipotong. Tak hanya itu, di dekat bayi tersebut terdapat sejumlah perlengkapan bayi, seperti popok bayi dan beberapa potong pakaian bayi.

Untuk mengusut pembuang bayi tersebut, kata Juliana, polisi masih memburu orangtuanya. “Kami kumpulkan keterangan terlebih dahulu agar bisa mengetahui dahulu siapa orangtua bayi itu," ungkap Juliana.

Kapolsek Jebres AKP Juliana Bangun menengok kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki yang dibuang dan ditemukan di depan kios tambal Jalan Ir Juanda, Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Selasa (27/2/2018).Dokumentasi Polsek Jebres Kapolsek Jebres AKP Juliana Bangun menengok kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki yang dibuang dan ditemukan di depan kios tambal Jalan Ir Juanda, Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Selasa (27/2/2018).

Kisah penemuan bayi itu juga viral di dunia maya. Akun Bayu Art mengunggah foto penemuan bayi itu di grup Info Cegatan Solo dan Sekitarnya.

Unggahan foto dan komentar Bayu di jejaring sosial Facebook mendapatkan 3.270 komentar dari netizen (warganet). Rata-rata warganet mengutuk ulah orangtuanya yang membuang bayi tersebut.

"Ya Allah..sampe tengkurep dilantai kaya gitu. Ya Allah orang tua macam apa tega buang bayinya malam-malam. Aku aja yang udah tua kedinginan kok itu malah ditaruh sembarangan tanpa selimut tebal," tulis akun Shanty Ibuke Dek David dalam Info Cegatan Solo dan Sekitarnya.

Senada dengan Shanty, akun Ardie Bayu menyesalkan ulah orang tua si pembuang bayi.

"Orang tua nggak punya pikiran. Yang tidak punya anak saja ingin punya anak. Kok ini dikasih anak malah dibuang," tulis Ardie.

Baca juga: Kisah Iqbal, Bayi yang Terlahir Tanpa Lubang Anus dan Kaki Kiri

Kompas TV Apabila tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, komplikasi jantung berujung kematian bisa terjadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com