Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tidak Ada Narkoba Sejumlah 3 Ton yang Masuk ke Wilayah Indonesia"

Kompas.com - 27/02/2018, 06:54 WIB
Hadi Maulana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Mabes Polri dan Bea Cukai dengan resmi mengatakan narkotika yang diduga berada di kapal MV Win Long BH 2998 tidak ditemukan.  

"Setelah melakukan pencarian lebih kurang empat hari, kami nyatakan tidak ada narkoba sejumlah 3 ton yang masuk ke wilayah Indonesia," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan yang juga Tim Satgassus Mabes Polri, Senin (26/2/2018).

Suwondo mengaku, saat dilakukan pengecekan dengan sejumlah alat lengkap, pihaknya sama sekali tidak menemukan narkotika di kapal MV Win Long BH 2998 tersebut.

"Adapun barang-barang yang ada di dalam kapal, hanyalah ikan yang merupakan untuk umpan memancing dan sejumlah persediaan logistik untuk para ABK selama melakukan perjalanan," kata Suwondo.

(Baca juga : Berasal dari China, Sabu 1,6 Ton Akan Diedarkan di Jakarta )

Suwondo pun tidak mengetahui isu narkotika jenis sabu sebanyak 3 ton di kapal MV Win Long ini. Isu itu beredar dengan cepat. 

"Kami harap masyarakat tidak cemas, karena sekali lagi kami tegaskan sama sekali tidak ada sabu 3 ton masuk ke Indonesia," ungkap Suwondo.

Dalam pencarian ini, Suwondo mengaku berbagai cara sudah dilakukan Tim Satgassus Mabes Polri dan Bea Cukai, mulai dari peralatan lengkap hinggga penurunan tujuh ekor K9.

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Rusman Hadi mengatakan, secara administrasi kapal MV Win Long tidak ada pelanggaran. Pengamanan ini dilakukan karena ada informasi yang menyebutkan akan ada narkotika masuk ke wilayah Indonesia.

"Kebetulan ciri-ciri kapalnya sama, makanya petugas gabungan langsung melakukan pemeriksaan terhadap informasi yang dimaksud," kata Rusman Hadi.

(Baca juga : Soal 36 Diskotek Terlibat Narkoba, Buwas Enggan Bertemu Anies jika... )

Tidak saja di bagian palka kapal, Rusman mengaku, seluruh sudut kapal tidak luput dari pemeriksaan petugas gabungan. 

"Di data inventaris kapal, semua barang itu merupakan umpan untuk memancing. Jadi tidak ada barang yang akan diperjual belikan," ungkap Rusman Hadi.

Kapal MV Win Long merupakan kapal dari Taiwan yang hendak menuju ke wilayah Mauritius, sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia atau sekitar 900 km sebelah timur Madagaskar.

"Hal itu diketahui dari dokumen kapal yang ada bersama ABK kapal," katanya.

Untuk barang bawaan yang sebelumnya diturunkan, Rusman Hadi mengaku saat ini barang tersebut sudah kembali dipindahkan ke dalam kapal.

"Dan kapan para ABK siap untuk berangkat, kami persilahkan," imbuhnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com