Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertimpa Longsor, 2 Petani Hanyut di Sungai Kaliurang hingga Meninggal

Kompas.com - 26/02/2018, 07:20 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Musibah tanah longsor merenggut nyawa dua warga Desa Candisari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Keduanya adalah Saliyem (46) dan Painten (48).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Gito Walngadi menjelaskan, tanah longsor dipicu hujan deras yang mengguyur lokasi musibah sejak Minggu siang hingga sore.

Ketika itu, sekitar pukul 13.00 WIB, dua korban baru saja pulang berladang melawati jalan setapak di samping Sungai Kaliurang. Tiba-tiba jalan yang mereka lewati ambrol sehingga keduanya ikut terhempas ke sungai.

"Jalan yang dilewati longsor, mereka jatuh dan terbawa aliran Sungai Kaliurang," ujar Gito, dihubungi Minggu (25/2/2018) malam.

(Baca juga : Empat Anak Meninggal Tertimbun Longsor di Purbalingga )

Warga yang melihat kejadian itu langsung melapor ke pihak berwajib. Proses pencarian segera dilakukan dengan melibatkan petugas BPBD, Polri, TNI, relawan, dan masyarakat setempat.

Tidak lama kemudian, korban berhasil ditemukan sekitar satu kilometer dari lokasi longsor dalam keadaan tidak bernyawa.

"Saat itu kondisi memang sedang hujan. Debit air pun tinggi karena banjir, sehingga korban hanyut," tutur Gito.

Setelah dievakuasi, jenazah korban diotopsi. Saat ini kedua korban telah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Pihaknya mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas dalam cuaca hujan, terlebih di lokasi yang rawan bencana.

Kompas TV Warga di 2 desa terdampak longsor di Brebes, Jawa Tengah, memilih mengungsi di lokasi yang lebih aman setelah rumah mereka terendam banjir bercampur lumpur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com