Jalur Kereta Cirebon-Purwokerto Sudah Bisa Dilintasi

Kompas.com - 23/02/2018, 21:16 WIB
Tampak warga melintas di atas rel yang dibawahnya terdapat arus deras yang merupakan aliran dari luapan Sungai Cisanggarung di Kecamatan Ciledug , Cirebon, Jawa Barat. Dok Humas KAI Daop 2Tampak warga melintas di atas rel yang dibawahnya terdapat arus deras yang merupakan aliran dari luapan Sungai Cisanggarung di Kecamatan Ciledug , Cirebon, Jawa Barat.

BANDUNG, KOMPAS.com - Jalur kereta Cirebon- Purwokerto sempat lumpuh total lantaran terendam luapan air Sungai Cisanggarung di Kecamatan Ciledug, Cirebon, Jawa Barat.

Luapan air juga membuat bagian bawah jalan kereta di KM 253+300 sampai 254+400 sempat tergerus.

Namun, PT Kereta Api Indonesia kondisi di lapangan sudah membaik dan kereta api sudah dapat melintasi jalur tersebut.

"Alhamdulillah, berdasarkan informasi yang diperoleh kondisi berangsur membaik dan larangan untuk melintas di lokasi sudah dicabut,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 2, Joni Martinus, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (23/2/2018).


(Baca juga: Sungai Meluap, Jalur Kereta Cirebon-Purwokerto Lumpuh Total)

Dia mengatakan, banjir di antara Stasiun Ketanggungan-Stasiun Ciledug (arah Purwokerto) ini mengakibatkan gerusan sepanjang 700 meter. Selain di lokasi tersebut, banjir juga menggenangi rel kereta api di Km 185 +500 sampai dengan Km 186 + 600 antara Stasiun Tanjung - Stasiun Losari (arah Tegal).

Menurut Joni, sampai saat ini operasional kereta di Daop 2 masih berjalan normal dan sesuai jadwal terutama kereta-kereta yang menuju arah Cirebon, Semarang, dan Surabaya Pasarturi.

“Dari Daop 2 ada dua kereta yang melintas ke wilayah Cirebon yaitu KA Ciremai Ekspress dan KA Harina. Sejauh ini masih sesuai jadwal. Namun kami tetap siaga dan mengantisipasi kemungkinan ada keterlambatan kedatang kereta Ciremai dari arah Cirebon menuju Bandung pada malam ini,” tuturnya.

(Baca juga: BNPB: Tanda-tanda Longsor Brebes Sudah Ada Dua Pekan Sebelumnya)

Sejumlah petugas juga disiagakan di lokasi yang sempat terendam banjir untuk terus memantau kondisi jalur kereta api.

Sebelumnya diberitakan, jalur kereta api Cirebon-Purwokerto lumpuh total setelah air sungai Cisanggarung di Kecamatan Ciledug, Cirebon meluap. PT KAI menyatakan jalur tersebut tidak bisa dilewati pada pukul 02.45 WIB, Jumat (23/2/2018).

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X