Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Keluar Lapas Beberapa Jam, Napi Ini Bayar Sipir Rp 500.000

Kompas.com - 22/02/2018, 17:51 WIB
Masriadi ,
Reni Susanti

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Narapidana AK (20) mengaku dibantu keluar oleh oknum sipir di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA, Kota Lhokseumawe, pada 20 Januari 2018. Untuk keluar dari tahanan, AK harus membayar sipir sebesar Rp 500.000.

“Keluarnya malam hari, pulangnya subuh. Setelah pulang, bayar Rp 500.000,” ujar AK dalam konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Kamis (22/2/2018).

Namun, dia mengaku tak semua sipir bisa diajak bekerjasama mengizinkannya keluar tahanan. Pasalnya, sebagian sipir juga idealis dan tak mau melanggar aturan.

“Ya, tidak semua sipir bisa kerja sama. Orang tertentu saja,” sebutnya.

(Baca juga : Polisi Tangkap Napi yang Diduga Dikeluarkan oleh Oknum Sipir )

Menurut keterangannya pada polisi, AK telah keluar sebanyak tiga kali sepanjang 2017 – 2018.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu dan Kepala Bagian Operasi Polres Lhokseumawe Kompol Ahzan menyebutkan, awalnya masyarakat melaporkan narapidana kasus narkotika itu terlihat di desanya.

“Dia masih jualan narkoba juga kalau keluar itu,” tutur Budi.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Lhokseumawe, Nawawi mengaku sudah mengetahui kejadian tersebut. “Saya sedang rapat di Banda Aceh. Sudah tahu informasi itu. Kami serahkan proses hukum sepenuhnya pada Polres Lhokseumawe,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap seorang narapidana berinisi AK di Jalan Darussalam, Kota Lhokseumawe. Napi itu mengaku keluar dari Lapas dengan bantuan oknum sipir.

Kompas TV Sebelumnya, terjadi kerusuhan di Lapas Lambaro, Aceh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com