Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hektar Lahan Gambut di Riau Kembali Terbakar

Kompas.com - 22/02/2018, 06:51 WIB
Citra Indriani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kali ini lahan gambut seluas lima hektar terbakar pada Rabu (21/2/2018).

Kapolres Siak AKBP Barliansyah mengatakan, lahan yang terbakar dengan luas lebih kurang lima hektar.

"Lahan yang terbakar ini merupakan lahan kosong, yang terdapat semak belukar dengan kondisi tanah gambut," kata Barliansyah.

Dia mengatakan, api sudah dapat dipadamkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Koramil dan Polsek Sungai Apit, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Damkar, PT RAPP, dan PT Arara Abadi. Total kekuatan sekitar 50 orang petugas.

Petugas melakukan pemadaman dengan dibantu tujuh unit mesin pompa air dan satu unit alat berat ekskavator.

"Setelah api dipadamkan, petugas melanjutkan pendinginan karena lahan yang terbakar masih mengeluarkan asap," ujar Barliansyah.

Baca juga: Satgas Karhutla Riau Berjibaku Padamkan Api di Lahan Gambut 4 Hektar

Mantan Kapolres Kepulauan Meranti ini mengatakan bahwa petugas di lapangan membuat sumur secara manual di sepanjang lokasi yang terbakar.

Upaya pemadaman dan pendinginan dipimpin oleh Kapolsek Sungai Apit AKP Hendrix, Danramil Sungai Apit Kapten Inf Sinaga, dan Camat Sungai Apit Suparni.

"Karena sudah pukul 19.00 WIB malam, pendinginan dihentikan. Besok pagi (Kamis) dilanjutkan lagi apabila masih berasap," ucap Barliansyah.

Namun, untuk mengantisipasi merambatnya api yang masih ada di lahan gambut, tim gabungan telah membuat parit di sekeliling area yang terbakar.

Barliansyah mengaku, hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki pemilik lahan yang terbakar tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," tutur Barliansyah.

Sebelumnya, kebakaran lahan lebih kurang satu hektar juga ditemukan di lokasi yang tidak jauh dari tempat kebakaran yang terjadi saat ini, tepatnya di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, pada Senin (19/2/2018). Kebakaran lahan tersebut telah berhasil dipadamkan oleh tim satgas.

Baca juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut di Aceh Sulit Dipadamkan

Kompas TV Karena luasnya kebakaran lahan di Muara Enim, Sumatera Selatan, empat helikopter pembom air dikerahkan serentak untuk mempercepat pemadaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com