Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mobil hingga Becak Listrik UGM Mejeng Keliling Jogja

Kompas.com - 20/02/2018, 18:38 WIB
Wijaya Kusuma,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak sembilan kendaraan bertenaga listrik karya para mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada mengikuti parade dengan berkeliling kota Yogyakarta. Parade ini digelar dalam rangkaian acara Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-72.

Koordinator Parade dan Pameran Kendaraan Listrik Yano Surya Pradana mengatakan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada berkomitmen dalam mengembangkan mobil masa depan yang ramah lingkungan.

"Sebagai wujud komitmen itu, digelar acara parade kendaraan listrik dan pameran kendaraan listrik. Ini dalam rangka Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-72," ujar Yano, Minggu (18/2/2018).

Parade diikuti sebanyak sembilan kendaraan listrik, yakni dua kendaraan sepeda listrik, empat mobil listrik (Semar 1, Semar 2, ICA dan Arjuna), becak listrik, dan dua motor listrik.

"Delapan kendaraan karya mahasiswa dan tim Fakultas Teknik UGM. Satu kendaraan karya dari komunitas kendaraan listrik di yang dalam pengembangannya juga melibatkan tim fakultas Teknik UGM," tegasnya.

(Baca juga: Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Mobil Listrik dengan Modal Rp 70 Juta)

Sembilan kendaraan bertenaga listrik ini memulai perjalanan dari Bundaran UGM. Setelah itu, berkeliling melewati Jl. Simanjuntak, Jl. Diponegoro, Jl. Mangkubumi, Stasiun Tugu, Malioboro, km 0, Jl. Panembahan Senopati, Jl. Mayor Suryotomo, Jl. Mataram, Jl. Abu Bakar Ali, Jl. Yos Sudarso, Jl. Suryotomo, Jl. Cik Ditiro dan finish di Fakultas Teknik UGM.

"Kami ingin mempublikasikan dan mengenalkan ke masyarakat tentang kendaraan ramah lingkungan yakni kendaraan listrik ini," ungkapnya.

Yano berharap, ke depan, mereka bisa memproduksi secara massal kendaraan listrik yang ramah lingkungan ini sehingga bisa mengganti kendaraan yang berbasis bahan bakar minyak.

"Harapannya kami mampu memproduksi kendaraan listrik untuk mengganti kendaraan berbahan bakar minyak. Kenapa, karena bahan bakar minyak sudah menyusut dan akan habis, lalu juga menimbulkan polusi," ujarnya.

Selain parade, pameran kendaraan listrik serta pameran "Technoday" untuk siswa SMA se DIY-Jawa Tengah juga digelar di Fakultas Teknik UGM.

"Ini untuk mengenalkan, teknologi dan kendaraan listrik kepada siswa SMA," tambah Yano.

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono menyampaikan, UGM telah melakukan riset tentang kendaraan listrik dan kemajuannya cukup baik. Parade ini, lanjutnya, merupakan bukti hasil dari riset tentang kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

"Kami telah memperoleh kemajuan yang cukup baik, ini hasil-hasilnya yang diparadekan. Ke depan akan terus dikembangkan dan harapannya kendaraan listrik dapat diproduksi secara masal sehingga bisa digunakan masyarakat," tuturnya.

 

Kompas TV Seorang warga negara Belanda, saat ini sedang berkeliling dunia menggunakan mobil listrik dan singgah di Kota Solo, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com