Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Gerus Rumah di Sumedang, Bocah 4 Tahun Tewas

Kompas.com - 20/02/2018, 16:17 WIB
Agie Permadi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur, Senin (19/2/2018), mengakibatkan longsor di wilayah Sumedang, tepatnya di Dusun Cihirung RT 01 RW 07, Desa Ganjaresik, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Mirisnya, longsor mengenai dam dan menimpa rumah seorang petani yang mengakibatkan seorang anak meninggal dan dua orang mengalami luka-luka.

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata menjelaskan, kejadian longsor ini terjadi Senin (19/2/2018) sekira pukul 23.00 WIB. Tanah longsor ini merobohkan dam dan menimpa rumah warga.

"Kejadian itu diakibatkan karena turunnya hujan yang terus menerus sehingga tanah menjadi labil dan mengakibatkan dam jebol dan menimpa rumah Ence (35)," ungkap Hari ketika dihubungi, Selasa (20/2/2018).

Akibatnya seorang anak berusia 4 tahun meninggal dunia sedang dua orang mengalami luka-luka.

"Akibat dari kejadian tersebut satu rumah mengalami rusak, dan ada korban jiwa satu orang meninggal dunia yakni anak laki-laki, Rivaldi (4), dan dua orang luka ringan yakni Ence dan istrinya, Enah (30)," tuturnya.

(Baca juga: "Enggak Nyangka Pak Jokowi Mau Datang ke Pernikahan Anak Saya...")

Menurut dia, lokasi perumahan warga di daerah tersebut terletak di daerah perbukitan di mana untuk memperoleh lahan rumah atau bangunan di wilayah itu harus menggunakan dam sehingga apabila terjadi hujan kerawanan longsor sangat mungkin terjadi apabila pembangunan dam tidak maksimal.

"Korban luka langsung dibawa ke Puskesmas Wado, sementara kerugian akibat longsor diperkirakan Rp 50 juta," ungkap Hari.

Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Kantor SAR Bandung menambahkan, pada saat kejadian Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang dibantu warga langsung mengevakuasi korban yang mengalami luka ringan dan membawa korban ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan.

Adapun akibat kejadian longsor ini berdampak pada belasan rumah di Dusun Munjul, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

"Yang terdampak 11 kepala keluarga. Pemerintahan setempat beserta warga membereskan material longsoran," tuturnya.


Kompas TV Selain itu, PT KAI juga menawarkan penggantian penuh untuk para penumpang yang berniat membatalkan perjalanan.   
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com