Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pekan Resahkan Warga, Ular Sanca Akhirnya Berhasil Ditangkap

Kompas.com - 20/02/2018, 13:26 WIB
Ahmad Faisol,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Warga Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur, sudah bisa bernapas lega dari ancaman ular sanca.

Sebab, ular tersebut berhasil ditangkap oleh sejumlah warga pada Senin (19/2/2018) malam.

Yudsiono, warga setempat, mengatakan, sudah tiga pekan warga merasa resah dan terancam karena keberadaan ular tersebut.

“Ular raksasa itu lingkar tubuhnya mencapai 25 sentimeter, panjang tubuh sekitar lima meter,” kata Yudsiono, Selasa (20/2/2018).

Yusdiono merupakan orang pertama yang menemukan ular tersebut. Dia menjelaskan, ular sanca ini sangat meresahkan warga sejak pertama diketahui berkeliaran di bantaran sungai sekitar permukiman sejak tiga pekan lalu.

Baca juga: Masuk ke Permukiman di Pangkal Pinang, Ular Tanah Hebohkan Warga

“Warga di sini takut mau ke sungai karena tiga pekan yang lalu ular ini kepergok warga, tapi lepas saat akan ditangkap. Tadi malam itu kami lihat ularnya keluar lagi, warga kompak lalu menangkapnya,” tuturnya.

Keresahan Yusdiono dan warga bukannya tanpa alasan. Sebab, menurut Yusdiono, banyak anak kecil dan ibu-ibu yang sering ke sungai setiap hari.

“Kami takut anak-anak dan wanita lanjut usia ke sungai, digigit ular. Kan bahaya, makanya kami tangkap sebelum ada korban. Sekarang kami sudah bisa bernapas lega,” ujarnya.

Menurut dia, ular dengan warna dominan doreng hitam kecoklatan itu akan ditempatkan dalam sangkar besi milik warga setempat untuk sementara. Namun, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak kelurahan mengenai kelanjutan nasib ular itu.

Baca juga: Piton Sepanjang 3 Meter Lepas dari Kandang, Warga Kampung Resah

Kompas TV Warga Solo Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan ular jenis piton di saluran air milik warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com