Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Pabrik Rokok, Puti Soroti Pendidikan Anak Pekerja

Kompas.com - 19/02/2018, 16:30 WIB
Andi Hartik,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno mengunjungi pabrik rokok PR Pakis Mas yang ada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Senin (19/2/2018).

Dalam kunjungannya, Puti yang didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari sempat mempraktekan cara melinting rokok seperti yang dilakukan para pekerja di pabrik tersebut.

Puti lalu menaruh perhatian pada nasib pekerja rokok tersebut. Ia mengatakan, sebagian dari pekerja rokok itu anaknya mengalami putus sekolah.

"Tadi saya tanya bagaimana sekolah anak-anaknya. Ada yang lulusan SMP kemudian tidak melanjutkan ke SMA atau SMK. Berarti itu kan menjadi tugas bersama terutama untuk provinsi membuka akses kepada mereka supaya anak-anaknya sekolah," katanya.

(Baca juga : Di Banyuwangi, Puti Guntur Blusukan ke Pasar hingga Menari Tradisional )

Ia lantas menyebutkan, dirinya dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sudah memiliki program untuk mengentaskan anak putus sekolah. Harapannya, pekerja rokok yang terdiri dari kaum perempuan itu bisa terbantu dengan adanya program tersebut.

"Bagaimanapun juga ketika anak-anaknya sekolah, beban dari para ibu itu bisa diminimalkan," katanya.

Selain ke pabrik rokok, Puti mengunjungi rumah bordir yang berada di kawasan yang sama. Puti juga akan mengunjungi pabrik rokok Gudang Baru yang ada di Desa Sidorejo, Kecamatan Pagelaran, sebelum menghadiri rapat kerja DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Malang. 

Kompas TV Dalam kunjungannya, Puti sekaligus mengenalkan diri ke warga Malang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com