Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Menang Pilkada Jatim, Gus Ipul Janji "Ngantor" di Madura

Kompas.com - 18/02/2018, 17:43 WIB
Achmad Faizal,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), tidak hanya berjanji akan menggelontorkan dana pembangunan Rp 1 triliun setiap tahunnya untuk pulau Madura. Gus Ipul juga berjanji akan berkantor rutin di Pulau Garam itu.

"Dalam beberapa hari dalam sebulan, kita rancang akan berkantor di Madura. Jika dirasa masih kurang, nanti kita bisa tambah frekuensinya," kata Gus Ipul usai kampanye damai yang digelar KPU Jatim di Surabaya, Minggu (18/2/2018).

Tujuan Gus Ipul berkantor di Madura, tidak lain untuk mengawal langsung pembangunan di Madura.

"Membangun Madura tidak cukup hanya digelontor dana, ada beberapa program yang memang harus dikawal langsung agar berjalan optimal, khususnya dalam pemberantasan kemiskinan," jelasnya.

Baca juga : Di Gresik, Gus Ipul Audiensi dengan Nelayan dan Kunjungi Makam Sunan Giri

Mengutip data Kajian Ekonomi Regional Jawa Timur dari Bank Indonesia periode 2013-2015, bahwa Pulau Madura disebut kawasan termiskin di Jawa Timur dengan rata-rata 21,86 persen. Jauh di atas rata-rata angka kemiskinan nasional 11,19 persen.

Salah satu penyebab kemiskinan di Madura, menurut Gus Ipul, adalah rendahnya angka partisipasi sekolah. Data terbaru yang diperolehnya, angka partisipasi sekolah tingkat menengah di 3 kabupaten di Madura lebih rendah dari rata-rata Jatim yang mencapai 70,4 persen.

"Angka partisipasi sekolah tingkat menengah 69,8 persen di Pamekasan, 58,7 persen di Bangkalan, dan 55,3 persen di Sampang," ucap cagub Jatim nomor urut 2 yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno itu.

Dana Rp 1 triliun setahun untuk Madura tidak hanya untuk pembangunan pendidikan saja, namun juga diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dasar, pengembangan ekonomi keluarga, dan peningkatan layanan kesehatan. (K15-11)

Kompas TV Selain itu, Puti juga mengklaim memiliki program khusus untuk pengembangan pembangunan di Pulau Madura.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com