Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adelina, TKI yang Meninggal di Malaysia Disebut Pekerja Ilegal

Kompas.com - 14/02/2018, 12:57 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Adelina Lisao, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidur bersama anjing dan meninggal di Malaysia diketahui adalah TKI ilegal.

"Iya namanya tidak tercatat di Balai Pelayanan Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang sebagai TKI sah. Dia TKI ilegal," kata Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Kupang, Siwa kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2018).

Menurut Siwa, Adelina berasal dari Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

"Saat ini kami sedang berupaya untuk menghubungi pihak keluarga untuk ambil berkas yang diperlukan, karena TKI tersebut tidak tercatat di BP3TKI Kupang," jelasnya.

Menurut Siwa, pihaknya dikontak oleh KJRI Penang dan Kementerian Luar Negeri untuk meminta bantuan penelusuran keluarga ahli waris dengan alamat Desa Tanah Merah, Kabupaten Kupang.

Baca juga : Ada Luka Diduga Gigitan Binatang di Tubuh Jenazah TKI Adelina Lisao

Namun, lanjut Siwa, petugas dari BP3TKI tidak bertemu di tempat tersebut, sehingga pihaknya kemudian melakukan penelusuran berdasarkan tempat lahir dan meminta bantuan kepada salah seorang pendeta.

"Kita minta bantuan Pak Pendeta Isak La'a dan akhirnya kita temukan keluarganya, ternyata berada di Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten TTS," imbuhnya.

Pihaknya, lanjut Siwa, kemudian mengontak ibu kandung Adelina untuk bertemu.

"Kami sudah bertemu dan mengambil berkas yang diperlukan. Kami sudah sampaikan kepada pihak KJRI Penang dan Direktorat PWNI dan BHI Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu," jelasnya.

Baca juga : TKI yang Tidur Bersama Anjing di Malaysia Berasal dari NTT

Sebelumnya diberitakan, tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di Malaysia, Adelina (21), tidur bersama anjing selama sebulan. Perempuan ini tampak takut merespons saat hendak dievakuasi tim penyelamat.

Di tubuh Adelina terdapat nanah pada bekas luka bakar. Dia meninggal setelah dirawat di rumah di Malaysia. Polisi setempat sedang menyelidiki dugaan pembunuhan terhadap Adelina.

Kompas TV Pemerintah Indonesia dan Malaysia kini terus mengawal kasus ini dan akan memastikan hak-hak Adelina Lisau terpenuhi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com