Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Nomor Urut 3, Sutarmidji-Ria Norsan Beri Salam Jari "Heavy Metal"

Kompas.com - 13/02/2018, 17:23 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pasangan calon Kepala Daerah Kalimantan Barat Sutarmidji dan Ria Norsan langsung mengangkat tangan dan membuat simbol tiga jari khas pecinta musik metal, yaitu jari telunjuk, jempol dan kelingking mengarah ke atas sedangkan jari tengah dan jari manis di tekuk ke bawah.

Aksi salam metal tersebut pun langsung diikuti massa pendukung maupun simpatisan yang mendampingi pasangan calon ini dalam pencabutan nomor urut peserta yang diselenggarakan KPU Kalbar di Hotel Aston, Pontianak, Selasa (13/2/2018).

Sutarmidji mengatakan, nomor urut 3 yang diperoleh saat pencabutan nomor peserta sesuai dengan yang diharapkan.

"Yang lain enggak bisa pakai salam metal, yang bisa salam metal cuma saya dengan Ria Norsan. Kalau nomor tiga, lima jari ini banyak pilihan, salam metal," katanya.

(Baca juga: Tak Lolos Pilkada Sumut, JR Saragih Pun Menangis...)

Mendapatkan nomor urut 3, menurut Sutarmidji, merupakan idamannya.

"Saya memang bawa nomor tiga dari rumah dan saya yakin nomor tiga," ujarnya.

Sebelumnya, tiga pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur yang akan mengikuti kontestasi Pilkada di Kalimantan Barat melakukan pencabutan nomor urut peserta yang di selenggarakan KPU Kalbar di Hotel Aston, Pontianak.

Ketiga pasangan calon tersebut datang didampingi partai pengusung maupun masa pendukung dan simpatisan masing-masing.

(Baca juga:Usai Cabut Nomor Urut, Pasangan Karolin-Gidot Pulang Naik Gojek)

Dalam prosesnya, ketiga pasang ini terlebih dahulu mengambil nomor urut utk pencabutan nomor peserta yang disimbolkan dengan bentuk lingkaran, segitiga dan persegi.

Pasangan Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot mendapatkan kesempatan pertama untuk mengambil nomor peserta, disusul pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan serta pasangan Milton Crosby dan Boyman Harun.

Sebelum mengambil nomor peserta, KPU terlebih dahulu mempersilahkan Ketua Badan Pengawas Pemilu untuk mengacak bola yang akan diambil masing-masing pasangan calon.

Dari pencabutan nomor urut tersebut, masing-masing hasilnya adalah pasangan Milton-Boyman mendapatkan nomor urut 1, pasangan Karolin-Gidot nomor urut 2 dan pasangan Sutarmidji-Ria Norsan mendapatkan nomor urut 3.

(Baca juga: Disindir sebagai "Barang Impor" di Pilkada Sumut, Djarot Senyum)

Pasangan yang diusung partai politik tersebut di antaranya pasangan Karolin-Gidot yang diusung koalisi Partai PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan PKPI dengan jumlah kursi 27 kursi; kemudian pasangan Sutarmidji-Ria Norsan yang usung koalisi Partai Golkar, Nasdem, PKB, PKS, Hanura dengan jumlah 21 kursi; dan pasangan Milton Crosby dan Boyman Harun yang diusung koalisi Partai Gerindra dan PAN dengan jumlah 13 kursi.

Kompas TV Pilkada Serentak 2018 diramaikan dengan hadirnya para kandidat yang tergolong muda usia. Mereka tak gentar bersaing menjadi gubernur dan wakil gubernur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com