Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Warga Ciampel di Karawang Keracunan Limbah Batubara

Kompas.com - 13/02/2018, 10:28 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com — Sebanyak delapan warga Kampung Mekarmukti, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diduga keracunan limbah batubara, Senin (12/2/2018) sore.

Kapolsek Ciampel AKP Ricky Adipratama mengatakan, delapan warga tersebut menghirup udara yang diduga terkontaminasi limbah batubara dari PT ASAHI, yang diangkut ke lapak limbah milik Yusup di RT 002 RW 001, Dusun Mekarmukti.

"Limbah PT ASAHI di Kawasan Surya Cipta tersebut diangkut dengan menggunakan mobil truk dengan nopol  T 8393 B ke tempat jual rongsok milik saudara Yusup," ujar Ricky, di sela apel pengamanan Pilkada Jawa Barat di Lapangan Karangpawitan, Karawang Barat, Selasa (13/2/2018).

Warga yang menghirup bau limbah tersebut kemudian mengalami pusing dan mual. Para korban keracuanan itu, antara lain, Eco (80), Ema (13), Fika F (9), Ade Salamah (70), Anih (70), Ridwan (2), Nia Saraswati (32), dan Tarsih (60). Mereka dibawa ke Klinik Mustika Ciampel. Namun, pada pukul 18.00, Nia dan Tarsih dirujuk ke RSUD Karawang untuk perawatan lebih lanjut.

"Sementara enam warga lainnya dibawa pulang ke rumah masing-masing," katanya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Jatim Bantah Santri Keracunan Vaksin Difteri

Ricky mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki kasus tersebut. Sejumlah saksi juga sudah diperiksa.

"TKP sudah kami beri police line dan sampel material sudah kami ambil," ujarnya.

Baca juga: 17 Orang Diduga Keracunan Usai Santap Makanan di Pesta Ulang Tahun

Kompas TV Pihak kepolisian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan membawa penjual nasi uduk guna dilakukan penyidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com