Pilkada Kota Sukabumi Diikuti Empat Pasangan Calon - Kompas.com

Pilkada Kota Sukabumi Diikuti Empat Pasangan Calon

Kompas.com - 12/02/2018, 17:02 WIB
Komisoner KPU Kota Sukabumi saat rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Pilkada Kota Sukabumi, Senin (12/2/2018). KOMPAS.com/BUDIYANTO Komisoner KPU Kota Sukabumi saat rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Pilkada Kota Sukabumi, Senin (12/2/2018).

SUKABUMI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan empat pasangan calon sebagai peserta Pilkada Kota Sukabumi 2018. Penetapan pasangan calon dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka di sekretariat KPU Kota Sukabumi, Senin (12/2/2018).

Keempat paslon tersebut yakni Mulyono-Ima Slamet (Mulia) usungan PPP, PAN, Partai NasDem (7 kursi). Kemudian Dedi Rantjani Widjaja-Hikmat Nuristawan (Dermawan) yang diusung Gerindra dan Hanura (8 kursi).

Selanjutnya, pasangan Achmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami (Faham) yang diusung PKS dan Demokrat (7 kursi). Terakhir, Jona Arizona-Hanafie Zain (Ijabah) yang diusung Golkar, PDI-P, dan PKB (13 kursi).

"Ada empat pasangan calon yang ditetapkan sebagai peserta Pilkada Kota Sukabumi," ungkap anggota KPU Kota Sukabumi Divisi Teknis KPU, Agung Dugaswara seusai rapat pleno terbuka, Senin sore.

(Baca juga : Pilkada Kota Sukabumi, Pasangan Jona-Hanafie Jadi Pendaftar Terakhir ke KPU )

Namun, lanjut dia, ada catatan bagi pasangan Dedi Rantjani Widjaja-Hikmat Nuristawan. Terutama untuk wakilnya harus menyelesaikan surat pengunduran diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Batas waktunya untuk menyerahkan persyaratan dalam catatan itu sampai 17 Februari 2018. "Beliau harus menyampaikan dua produk hukum. Pertama tanda terima dari instansi terkaitnya dan surat keterangan pengunduran dirinya sedang dalam proses," katanya.

"Bila tidak dipenuhi, KPU akan mengambil tindakan yaitu dapat dicoret sebagai pasangan calon, karena ada persyaratan yang tidak dipenuhi," sambung dia.

Sedangkan petahana, Achmad Fahmi, sudah menyampaikan surat izin cuti kampanye ke KPU. "Surat tembusannya sudah diterima," tuturnya.

(Baca juga : Pilkada Kota Sukabumi Diikuti Empat Pasangan Bakal Calon )

Calon Wakil Wali Kota Sukabumi, Hikmat Nuristawan menjelaskan, surat pengunduran dirinya sebagai ASN sedang diselesaikan. "Sudah beres nanti diserahkan," ungkap Hikmat kepada awak media.

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Sukabumi itu di antaranya dihadiri empat paslon dan para petinggi partai politik pengusungnya.

Kompas TV Psikopolitis harus dikuasai oleh kandidat untuk mendulang suara.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X