Tiga Pasang Calon Siap Bertarung di Pilkada Kalbar - Kompas.com

Tiga Pasang Calon Siap Bertarung di Pilkada Kalbar

Kompas.com - 12/02/2018, 16:00 WIB
Tiga calon gubernur Kalbar (dari kiri) Sutarmidji, Karolin Margret Natasa, dan Milton Crosby berfoto bersama seusai penetapan pasangan calon di KPU Kalbar (12/2/2018).Dok Umar Tiga calon gubernur Kalbar (dari kiri) Sutarmidji, Karolin Margret Natasa, dan Milton Crosby berfoto bersama seusai penetapan pasangan calon di KPU Kalbar (12/2/2018).

PONTIANAK, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat menetapkan tiga pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan mengikuti kontestasi Pilkada Kalbar.

Ketiga pasangan calon tersebut adalah Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, Sutarmidji-Ria Norsan, serta Milton Crosby-Boyman Harun.

Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdyawati mengungkapkan, penetapan ketiga pasangan calon ini setelah melalui beberapa tahapan seleksi dan verifikasi serta dinyatakan lolos mengikuti pilkada.

Penetapan ketiga pasangan calon tersebut diputuskan dalam pleno yang digelar di aula KPU Kalbar, Jalan Subarkah, Pontianak, Senin (12/2/2018). Dalam pleno tersebut, pasangan jalur perseorangan yaitu Kartius-Pensong dinyatakan tidak lolos dalam pencalonan.

"Maka para pasangan ini harus tunduk pada peraturan kampanye yang akan dimulai 15 Februari-23 Juni 2018. Maka, ketika jadwal kampanye sudah ditetapkan, para pasangan calon harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan," ujar Umi, Senin siang.

(Baca juga : Pilkada Kalbar, Karolin Tepis Isu Politik Dinasti )

Tiga pasangan ini memiliki kekuatan dukungan parpol beragam. Pasangan Karolin-Gidot diusung PDI-P, Demorat, dan PKPI dengan jumlah kursi 27 kursi.

kemudian, Sutarmidji-Ria Norsan diusung Golkar, Nasdem, PKB, PKS, Hanura dengan jumlah 21 kursi. Terakhir Milton Crosby-Boyman Harun yang diusung Gerindra dan PAN, dengan jumlah 13 kursi.

Selama masa kampanye, sambung Umi, tidak boleh ada lagi iklan di media massa baik itu televisi, koran, elektronik, maupun radio bagi pasangan calon ini.

"Sedangkan mereka yang statusnya sebagai kepala daerah harus cuti selama masa kampanye," tegas umi.

Kompas TV PDI Perjuangan Minggu (7/1) siang mengumumkan lima pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada 2018.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X