Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Dapat Pengawalan Melekat Polisi - Kompas.com

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Dapat Pengawalan Melekat Polisi

Kompas.com - 12/02/2018, 14:37 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan Pilkada Jawa Barat 2018 diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan Pilkada Jawa Barat 2018 diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memastikan setiap calon gubernur dan wakil gubernur peserta Pilkada Jawa Barat 2018 mendapat pengawalan melekat dari anggota Polda Jawa Barat.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan Pilkada Jawa Barat 2018 akan diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Empat pasangan tersebut adalah Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dan TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah).

“Ada 80 orang kita siapkan,” kata Agung saat ditemui seusai Rapat Pleno Penetapan Peserta Pilkada Jawa Barat 2018 di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (12/2/2018).

Agung memastikan, baik calon gubernur maupun calon wakil gubernur peserta Pilkada Jawa Barat 2018 bakal didampingi oleh 10 orang petugas kepolisian yang dibagi menjadi dua sif.

“Masing-masing sama 10 orang dua sif yang akan kita pilih. Jadi kita berikan pengawalan khusus,” tuturnya.

Baca juga : KPU Jabar Tetapkan 4 Paslon Kontestan Pilkada Jawa Barat 2018

Agung memastikan pengawalan khusus melekat dari Polda Jawa Barat tersebut akan terus ikut dalam setiap kegiatan peserta Pilkada Jawa Barat 2018, termasuk pada saat kampanye.

“Pengamanan akan melekat sampai terpilih nanti,” tuturnya.

Tidak hanya saat kampanye hingga waktu pencoblosan, pengamanan tersebut juga akan terus melekat kepada pemenang Pilkada Jawa Barat 2018.

“Misal pemungutan suara sudah selesai, setelah ditetapkan oleh KPU pemenangnya pasangan A, (pengamanan pada pasangan) yang lain kita tarik. Begitu sudah dilantik itu sudah selesai. Pengamanan yang formal nanti ada aturan sendiri,” akunya.

Baca juga : Maju Pilkada Jawa Barat 2018, Ridwan Kamil Lepas Status PNS

Agung memastikan para petugas pengawal calon gubernur dan calon wakil gubernur peserta Pilkada Jawa Barat 2018 telah dilatih secara khusus di SPN Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

“Besok kita serahterimakan ke pasangan calon. Para pengawal ini pangkatnya perwira dan bintara yang sudah kita latih. Latihan pengamanannya seperti walpri,” pungkasnya.

Kompas TV KompasTV bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat untuk bersama-sama mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah 2018.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X