Berpamitan, Gus Ipul Cuti sebagai Wagub Jatim Mulai 15 Februari - Kompas.com

Berpamitan, Gus Ipul Cuti sebagai Wagub Jatim Mulai 15 Februari

Kompas.com - 09/02/2018, 22:15 WIB
Gus Ipul (kiri) saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, yang dilaksanakan oleh Komunitas Wartawan Gresik.KOMPAS.com/Hamzah Gus Ipul (kiri) saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, yang dilaksanakan oleh Komunitas Wartawan Gresik.

GRESIK, KOMPAS.com – Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul mengatakan segera melepas jabatannya saat ini sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim). Hal itu diungkapkan saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar Komunitas Wartawan Gresik, di Balai Wartawan Gresik, Jalan Basuki Rahmat, Jumat (9/2/2018) sore. 

Pelepasan jabatan itu dilakukan guna menyongsong pencalonan dirinya sebagai salah satu kandidat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018, berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno.

“Mohon doanya, karena mulai tanggal 15 mendatang, saya pamit cuti sebagai Wakil Gubernur Jatim untuk maju sebagai calon dalam pemilihan gubernur,” tutur Gus Ipul dalam pidatonya, Jumat sore.

Ia pun berterima kasih atas apresiasi yang sudah diberikan oleh masyarakat pada masa kepemimpinannya selama dua periode bersama dengan Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo, selaku Gubernur Jatim.

Baca juga: Gus Ipul Klaim 70 Persen Warga Jatim Puas dengan Kinerja Pemprov

Meski demikian, Gus Ipul mengakui bahwa masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di Jatim. Hal itu hendak diperbaiki olehnya bila nantinya terpilih menjadi gubernur Jatim pada masa berikutnya.

“Untuk yang utama masih masalah kemiskinan, kesenjangan sosial, masalah pertanian dengan net petani belum ideal. Sementara yang lain juga ada, seperti masalah infrastruktur, juga limbah B3 yang saat ini menjadi fokus dan PR besar Jatim,” jelasnya.

Namun, Gus Ipul tetap optimistis bahwa hal itu mampu diatasi asalkan semua pihak berkenan dalam menanggulangi permasalahan tersebut secara bersama-sama, baik dari unsur pemerintahan maupun pihak swasta.

“Karena tegaknya dunia itu dikarenakan ilmu dari para ulama, pemimpin yang adil, yang kaya mau berbagi, serta yang tidak mampu mau berdoa kepada Allah,” ucap dia.

Gus Ipul juga berpesan kepada insan pers supaya dalam menjalankan tugasnya menyajikan berita dapat menjadi fasilitas kebenaran yang diharapkan oleh masyarakat dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Baca juga: Gus Ipul Janjikan Rp 1 Triliun Per Tahun untuk Pulau Madura


Kompas TV KPU belum menetapkan pasangan calon tapi berbagai dukungan sudah mulai digalang.

Komentar

Close Ads X