Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Siapkan Langkah untuk Fasilitasi Hak Pilih Pengungsi di Pilkada Bali

Kompas.com - 05/02/2018, 21:46 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali menyiapkan antisipasi agar pengungsi Gunung Agung tetap terdaftar sebagai pemilih di Pilkada Bali tahun 2018.

Pasalnya, akibat erupsi Gunung Agung, ribuan warga sekitar lereng di Karangasem harus mengungsi. Bahkan sebagian pengungsi pindah ke kabupaten lain di Bali.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Bali I Dewa kade Wiarsa Raka Sandi saat rapat kordinasi terpadu pemutakhiran data pemilihan gubernur dan wakil gubernur Bali tahun 2018 di kantor KPU Bali, Senin (5/2/2018). “Untuk pengungsi akan tetap didata secara khusus,” kata Raka Sandi.

Menurutnya, pola pendataan akan disesuaikan dengan sebaran dan jumlah pengungsi. Dia mencontohkan, untuk pengungsi dalam jumlah besar di luar Karangasem akan didata oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Data tersebut kemudian akan diserahkan ke KPU Provinsi Bali untuk selanjutnya diserahkan ke KPU Karangasem.

Data ini nantinya akan menjadi dasar untuk persiapan tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga : Ribuan Pengungsi Gunung Agung Akan Dipulangkan

Sedangkan bagi pengungsi yang tetap berada di Karangasem akan tetap didata oleh PPDP. Penentuan lokasi TPS akan disesuaikan dengan kondisi Gunung Agung, apakah akan mencoblos di pengungian atau kembali ke rumah masing-masing.

“Dalam kondisi apapun KPU akan tetap memastikan pengungsi dapat menyalurkan haknya dalam Pilkada Bali tahun 2018,” kata Raka Sandi.

Baca juga : Gunung Agung Kembali Erupsi, Sejumlah Desa Alami Hujan Abu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com