Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bulan Lagi, Kendaraan Dinas Risma Diganti dengan Mobil Listrik

Kompas.com - 05/02/2018, 18:47 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam waktu 6 bulan ke depan bakal mengganti mobil dinasnya. Mobil dinas yang selama ini dipakainya akan diganti mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Risma berharap, mobil barunya itu rampung sebelum September tahun ini.

"September dan November ada 2 kali event internasional di Surabaya, di antaranya Startup Summit yang akan dihadiri kurang lebih 193 negara," kata Risma seusai mendengar paparan tim perancang mobil listrik dari ITS, Senin (5/2/2018).

Risma menyerahkan sepenuhnya soal desain mobilnya kepada tim ITS. Yang penting, kata Risma, sebagai kota yang memperhatikan pengelolaan lingkungan, maka kendaraan kepala daerahnya juga harus ramah lingkungan.

"Jika ini berhasil, saya berencana akan mengganti semua mobil dinas Pemkot Surabaya dengan mobil listrik, tapi pelan-pelan," ucapnya.

Baca juga : Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Mobil Listrik dengan Modal Rp 70 Juta

Project Leader mobil listrik nasional dari ITS, Indra Sidharta, mengaku didukung oleh 20 mahasiswa dan dosen anggota tim perancang mobil listrik untuk Risma. "Jenisnya SUV, saat ini masuk tahap desain. Kita pastikan aman dan sesuai aturan," jelasnya.

Kata Indra, mobil listrik untuk Wali Kota Risma tidak jauh beda dengan mobil-mobil listrik ITS sebelumnya. Hanya saja tenaga motornya lebih besar.

“Jika biasanya 25 KW, maka yang ini motornya 100 KW,” tambahnya.

Kompas TV Seorang warga negara Belanda, saat ini sedang berkeliling dunia menggunakan mobil listrik dan singgah di Kota Solo, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com