Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katulampa Siaga Satu, Bima Arya Terus Berkoordinasi dengan Anies

Kompas.com - 05/02/2018, 13:43 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau lokasi Bendung Katulampa, Bogor, untuk mengecek informasi terbaru ketinggian air di sana, Senin (5/2/2018).

Ketinggian muka air di Bendungan Katulampa sudah mencapai 220 sentimeter pada pagi tadi yang menandakan berstatus Siaga 1. Air diprediksi bakal mencapai Pintu Air Manggarai, Jakarta, sekitar sembilan jam kemudian.

Selain meninjau, Bima juga berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui sambungan telepon untuk mengabarkan kondisi terkini tinggi air di Katulampa.

"Sudah siaga satu. Batas siaga satu kan 220 sentimeter. Saya sudah komunikasi dengan Pak Gubernur (Anies) dan melaporkan perkembangan di sini agar bisa mengantisipasi," ucap Bima.

(Baca juga: 7 Foto Terkini Derasnya Air di Bendung Katulampa)

Bima menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mengatisipasi adanya luapan air di sepanjang titik-titik yang dilalui aliran sungai.

Sejauh ini, sambung Bima, dirinya sudah mendapat laporan ada 13 titik genangan air akibat hujan yang terus mengguyur secara merata kawasan Bogor.

Dirinya juga mengimbau kepada warga Jakarta dan sekitarnya untuk bersiaga dan mewaspadai aliran air yang akan tiba dari Bogor ke Jakarta dalam waktu sembilan jam.

"BPBD siap, Tagana siap, logistik disiapkan, posko-posko disiagakan. Saya juga sudah berkoordinasi dengan polisi untuk mengantisipasi arus lalu lintas karena ada jalur yang ditutup dan dialihkan akibat luapan air," pungkasnya. 

(Baca juga: Bendung Katulampa Siaga Satu, Jakarta Waspada Banjir)

 

Kompas TV Pada Senin (5/2) pagi, ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 220 sentimeter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com