KPU Sulsel Nyatakan 12 Parpol Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Kompas.com - 01/02/2018, 11:39 WIB
KPU Sulsel menggelar rapat pleno terbuka bersama perwakilan empat pasang kandidat bakal calon Gubenur dan Wakil Gubernur Sulsel, Rabu (17/1/2018). KOMPAS.com/Hendra CiptoKPU Sulsel menggelar rapat pleno terbuka bersama perwakilan empat pasang kandidat bakal calon Gubenur dan Wakil Gubernur Sulsel, Rabu (17/1/2018).
|
EditorErwin Hutapea


MAKASSAR, KOMPAS.com - Setelah melakukan verifikasi faktual, KPU Sulsel menyatakan 12 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 memenuhi persyaratan.

Ke-12 parpol yang merupakan parpol lama peserta Pemilu 2014 itu yakni Partai Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Komisioner KPU Sulsel Khaerul Mannan saat dikonfirmasi, Kamis (1/2/2018), mengatakan, ada tiga unsur yang jadi persyaratan verifikasi faktual dan semua parpol dianggap lolos.

"Saat verifikasi, masing-masing kelengkapan pengurus parpol di tingkat provinsi, keterwakilan 30 persen perempuan di jajaran pengurus, dan keberadaan kantor sekretariat semua diperiksa. Kami tidak menemukan catatan khusus sehingga 12 parpol yang diverifikasi faktual di tingkat provinsi dianggap memenuhi persyaratan," kata Khaerul.

Baca juga: Hasil Sementara Verifikasi Faktual 12 Parpol di Tingkat Pusat

Khaerul menambahkan, hasil verifikasi di kabupaten/kota dan provinsi selanjutnya akan diserahkan kepada KPU RI. Nantinya, KPU RI yang melakukan rekapitulasi akhir, apakah parpol memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019 atau tidak.

Verifikasi faktual merupakan salah satu tahapan bagi parpol calon peserta Pemilu 2019. Selain di provinsi, verifikasi juga digelar di tingkat pusat serta kabupaten/kota. Untuk yang disebutkan terakhir, hingga kini prosesnya masih berlangsung.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X