Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Peralatan Khusus, Jamaah Masjid Antusias Amati Bulan Merah Darah

Kompas.com - 31/01/2018, 21:38 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sejumlah masjid di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung menggelar shalat gerhana bulan, bersamaan dengan munculnya fenomena Super Blue Blood Moon.

Para jamaah masjid tak ketinggalan mengamati sekaligus mengabadikan fenomena alam langka tersebut menggunakan kamera ponsel.

Shalat sunat gerhana bulan salah satunya dilaksanakan di Masjid Silaturahmi Jembatan Dua Belas. Jamaah memadati masjid untuk Shalat Isya berjamaah kemudian dilanjutkan dengan shalat sunat gerhana bulan.

Ketua Masjid Silaturahmi, Syahrul Jamil mengatakan, shalat sunat gerhana bulan dilaksanakan dua rakaat dengan dua kali rukuk dan dua kali membaca surat Al Fatihah.

(Baca juga : Simak Live Streaming Gerhana Super Blue Blood Moon)

“Ibadah ini kami laksanakan sebagai ungkapan syukur terhadap kebesaran tuhan yang telah menciptakan alam semesta,” kata Syahrul kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2018) malam.

Dari pengamatan Kompas.com, para jamaah tua maupun muda tampak antusias melihat langsung perubahan warna bulan. Walaupun mereka tidak menggunakan peralatan khusus.

Cuaca cerah di Pangkal Pinang, membantu warga untuk menyaksikan fenomena alam langka yang terakhir kali terjadi satu setengah abad silam.

Kompas TV BMKG mengimbau warga di pesisir tak khawatir, tetapi tetap waspada mengantisipasi dampak gerhana bulan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com