Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayah Pantura Diprediksi Hujan Ringan Saat Gerhana Bulan Total

Kompas.com - 31/01/2018, 15:16 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com - Saat gerhana bulan total terjadi pada Rabu (31/1/2018) malam, diperkirakan wilayah pantura Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang, Jawa Tengah, akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Hal tersebut dikatakan Prakirawan BMKG Stasiun Tegal, Hendy Andriyanto, kepada Kompas.com.

"Hujan dengan intensitas ringan kami perkirakan pukul 19.00 WIB hingga 01.00 WIB. Suhu 25-30 derajat celsius, kecepatan angin 5-30 km per jam," kata Hendy.

Hendy mengungkapkan, meski terjadi hujan dengan intensitas ringan, warga dimungkinkan bisa melihat fenomena langka tersebut. Sebab, hujan terjadi di atas pukul 22.00 WIB atau setelah selesai gerhana bulan total.

Baca juga: Fenomena Gerhana Bulan Total Menurut Tradisi Jawa

Dia menambahkan, hujan dengan intensitas ringan akan terjadi di bagian selatan terlebih dahulu atau daerah pegunungan, seperti Kecamatan Pulosari di Pemalang, atau di wilayah selatan Kabupaten Batang.

"Ketika gerhana bulan total terjadi, kami perkirakan juga tinggi permukaan laut naik menjadi 150 cm. Bisa saja daerah yang sebelumnya tidak terdampak rob kali ini bisa tergenang," ujar Hendy.

Kompas TV Jelang gerhana bulan permukaan air laut di Jakarta Utara mulai mengalami pasang hingga dua puluh lima sentimeter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com