Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total di Yogyakarta dan Magelang

Kompas.com - 31/01/2018, 06:11 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena langka, yakni gerhana bulan total, bakal terjadi pada Rabu (31/1/2018) yang dimulai sekitar pukul 18.48 WIB. Guna memfasilitasi masyarakat menyaksikan fenomena langka tersebut, Komunitas Jogja Astro Club (JAC) menggelar acara nonton bareng gerhana bulan total di empat titik.

"Untuk tanggal 31 Januari, kami dari JAC akan menggelar nonton gerhana bulan total," ujar Ketua Komunitas JAC Agung Laksana saat ditemui Kompas.com, Selasa (30/1/2018).

Agung mengungkapkan, JAC akan menggelar nonton gerhana bulan di Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah. Di Yogyakarta ada tiga titik dan di Magelang satu titik.

"Jadi yang di Yogya itu titiknya di basecamp JAC, Soropadan, Condongcatur, Sleman, lalu titik kedua di Alun-alun Utara, dan titik ketiga di Saptosari, Gunungkidul. Satu lagi, kami juga menggelar di Alun-alun Magelang, jadi total ada empat titik pengamatan," ucapnya.

Nonton bareng gerhana bulan total ini, lanjut Agung, untuk masyarakat umum. Selain itu, JAC juga akan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai fenomena gerhana bulan total.

"Orang dewasa dan anak-anak silakan saja datang, ini untuk masyarakat umum dan gratis. Kami juga akan memberikan edukasi dan informasi mengenai gerhana bulan," bebernya.

Baca juga: Purwakarta Siapkan Teropong Taman Surawisesa untuk Lihat Gerhana Bulan Total

JAC nantinya akan membawa beberapa teropong untuk melihat gerhana bulan total. Alat tersebut akan disebar ke empat titik lokasi pengamatan. Selain itu, ada 20 anggota JAC yang juga bakal diturunkan ke empat titik tersebut.

"Kami bawa lima sampai enam, tapi besok akan ada tambahan dari beberapa komunitas astronomi juga," kata Agung.

Tak hanya alat pengamatan, JAC juga akan membawa satu alat untuk memfoto bulan. Masyarakat bisa memfoto bulan dengan ponsel lewat alat tersebut.

"Kami siapkan juga alat untuk memfoto bulan. Jika ada masyarakat yang ingin memfoto dengan kamera handphone bisa," tuturnya.

Menurut Agung, pada acara nonton bareng besok, JAC juga akan menampilkan live report fenomena gerhana bulan total dari lokasi lainnya. Live report tersebut akan ditampilkan di layar besar dan bisa disaksikan oleh masyarakat.

"Kami juga siapkan dua roket air. Jika besok tidak memungkinkan untuk menyaksikan gerhana bulan, kami akan mainkan roket air," ujar.

Acara nonton bareng gerhana bulan total, lanjutnya, akan dimulai pukul 18.00 WIB. Selain menonton, juga akan digelar shalat gerhana.

"Iya, akan ada shalat gerhana juga," ucapnya.

Kompas TV Hingga kini, sudah lebih dari 4.000 orang terdaftar secara online di Planetarium Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com