Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Bengkalis Amankan 23 Wanita Korban "Human Trafficking"

Kompas.com - 30/01/2018, 20:30 WIB
Citra Indriani

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Polres Bengkalis membongkar kasus perdagangan manusia (human trafficking) di Pekanbaru. Sebanyak 23 orang yang diduga menjadi korban perdagangan manusia diamankan di Polres Bengkalis.

Dari pengungkapan kasus ini, polisi menangkap dua orang yang diduga sebagai pelaku, yakni seorang pria berinisial AG (50) pria dan wanita JA (44). 

Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni mengatakan, kasus perdagangan manusia ini dibongkar pada Senin (29/1/2018) di Jalan Kelapapati, Kota Bengkalis, Riau.

"Laporan berawal dari masyarakat bahwa ada sebuah ruko yang dicurigai sebagai tempat perdagangan manusia, karena banyak pendatang keluar masuk. Setelah kita lakukan penyelidikan ternyata benar adanya aksi tersebut," kata Basuni, Selasa (30/1/2018).

Korban berjumlah 23 orang wanita dan rata-rata berusia 17-46 tahun. Mereka ditemukan saat berkumpul di sebuah ruko berlantai dua.

"Tersangka AG selain berperan menyalurkan mereka ke luas negeri (Malaysia), juga selaku pihak yang bertanggung jawab mengurus paspor," sebut Basuni.

Baca juga : Polisi Kembali Bekuk Pelaku Human Trafficking di NTT

Sedangkan tersangka JA merupakan pemilik ruko tempat penampungan sementara para korban sebelum dikirim ke negeri tetangga tersebut.

"Jarak tempuh mengantarkan para korban sekitar satu jam melewati jalur laut menggunakan kapal cepat," katanya.

Modus yang digunakan pelaku dalam kasus ini yakni dengan dijanjikan mendapat pekerjaan layak di Malaysia. Basuni menegaskan, kasus perdagangan manusia tersebut masih dalam pengembangan.

Baca juga : Diduga Korban Human Trafficking, Puluhan Warga NTT Terlantar di Bima

Sementara dua orang pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan polisi, pelaku dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 10 UU RI No 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang.

Kompas TV Mantan anggota Satpol PP Kota Surabaya harus berurusan dengan polisi setelah tega menjual istrinya kepada pria hidung belang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com