Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Siapkan Teropong Taman Surawisesa untuk Lihat Gerhana Bulan Total

Kompas.com - 30/01/2018, 20:19 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mempersilakan warga memakai fasilitas dua teropong bintang di Taman Surawisesa untuk melihat gerhana bulan langka pada Rabu (31/1/2018) malam nanti.

Dedi pun sebelumnya sudah meminta kepada para guru di Dinas Pendidikan untuk memberikan edukasi secara ilmiah kepada muridnya tentang gerhana bulan.

"Memerintahkan para guru untuk memberikan keterangan tentang gerhana bulan secara akademis ilmiah tentang peristiwanya. Jangan murid menerima informasi simpang siur, apalagi yang mistis yang tidak berunsur edukasi," jelas Dedi kepada wartawan di Purwakarta, Selasa (30/1/2018).

Selain itu, Dedi pun mengimbau masyarakat untuk menggelar shalat gerhana secara berjamaah pada waktunya nanti. Hal itu agar warga bisa melihat keindahan alam dan mengingat Sang Penciptanya.

Pristiwa alam bersejarah tiga fenomena bulan akan terjadi pada Rabu (31/1/2018). Supermoon, bulan biru, dan gerhana matahari akan terjadi dalam satu malam.

Baca juga : Ada Gerhana Bulan, BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada Banjir Rob

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebutkan gerhana bulan akan berlangsung selama 5 jam 20,2 menit, tepatnya dari pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB.

Menariknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung bisa menyaksikan langsung peristiwa langka yang terakhir kali terjadi 150 tahun lalu.

Baca juga : Ponpes di Sukoharjo Ini Sediakan 15 Teleskop untuk Nobar Gerhana Bulan Total

Meski demikian, keindahan bulan malam itu patut diwaspadai. Khususnya untuk transportasi di pelabuhan dan pesisir, serta aktivitas pertanian karena dapat terganggu.

Kompas TV Hingga kini, sudah lebih dari 4.000 orang terdaftar secara online di Planetarium Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com