Kondisi TKW Sitiyah yang Disiksa Majikan di Malaysia Membaik

Kompas.com - 28/01/2018, 23:00 WIB
Sitiyah saat diruang perawatan RSUD Embung Fatimah. Guna mendapatkan tindakan medis lebih lengkap, Sitiyah akan dirujuk ke RSBP Batam KOMPAS.COM/ HADI MAULANASitiyah saat diruang perawatan RSUD Embung Fatimah. Guna mendapatkan tindakan medis lebih lengkap, Sitiyah akan dirujuk ke RSBP Batam
|
EditorCaroline Damanik

BATAM, KOMPAS.com - Sitiyah, tenaga kerja wanita ( TKW) asal Dusun Wadungdolah, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, yang sempat disiksa majikannya di Malaysia hingga akhirnya ditelantarkan oleh agen PJTKI, menjalani perawatan medis.

Humas RSUD Embung Fatimah, Novita Tri Karlena, mengatakan, kondisi Sitiyah mulai membaik. Wajahnya pun mulai ceria. 

"Bahkan untuk obat-obatan yang kami berikan selalu dimimum pasien, tidak seperti saat awal masuk yang enggan mengonsumsi obat, bahkan selang infus kadang dibuka pasien diam-diam," kata Novita, Sabtu (27/1/2018).

(Baca juga: Disiksa di Malaysia dan Ditelantarkan PJTKI, Sitiyah Diselamatkan Seseorang di Pelabuhan)

Namun, pihak RSUD Embung Fatimah Batam, Kepulauan Riau, akan merujuk Sitiyah ke RS Badan Pengusahaan Batam karena diperlukan tindakan khusus untuk penyembuhan. 

"Pihak dokter yang menangani pasien, merujuk Bu Sitiyah ke rumah sakit lain yang memiliki alat penunjang medis sesuai kebutuhan untuk penyembuhan pasien, yakni RSBP Batam," ujar Novita.

Novita lalu enggan menerangkan lebih jauh mengenai kondisi Sitiyah.

Sementara itu, keluarga besar Yayasan Bumi Majapahit (BMPT) yang juga ikut mendampingi Sitiyah menyampaikan terima kasih kepada RSUD Embung Fatimah karena memberikan pelayanan baik terhadap pasien walau tanpa keluarga.

"Pasien ini bisa dijaminkan ke Dinsos Batam juga tak luput karena komunikasi yang baik antara rumah sakit dengan Dinsos Batam, Kami membantu mendampingi penyediaan obat yang tidak ada di rumah sakit," kata Sholeh, Ketua Yayasan BMPT Batam.

Sholeh juga mengaku, meski nantinya pasien dirujuk ke RSBP Batam, pihaknya akan tetap mendampingi pasien, terutama obat-obatan yang memang tidak tertanggung atau yang memang harus dibeli di luar.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X