Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said Ingin Jadi Gubernurnya Orang Miskin

Kompas.com - 27/01/2018, 22:00 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Bakal calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said menegaskan jika rakyat Jawa Tengah memberi kepercayaan kepada dirinya memimpin Jateng, maka dia berjanji akan menjadi gubernurnya orang miskin.

Menurutnya, kemiskinan di Jateng sudah sangat akut, sehingga perlu penanganan secara serius dan khusus.

"Saya akan jadi gubernurnya orang miskin. Gubernurnya petani, nelayan, dan gubernurnya buruh. Perlu ada keberpihakan yang tegas terhadap orang miskin," kata Sudirman, dalam sambutannya di acara Rapat Koordinasi Partai Gerindra Jawa Tengah, Sabtu (27/1/2018) di Brebes.

Pria yang kini kerap dipanggil "Pak Dirman" itu mengungkapkan, dirinya tahu betul rasanya miskin. Dia mengaku lahir dan besar dari keluarga miskin di Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Baca juga : Pilkada Jateng: Harta Kekayaan Sudirman Said Rp 3,8 M, Ida Fauziah Rp 5 M

"Hanya karena ditolong oleh negara, ditolong oleh masyarakat Jateng, saya bisa lepas dari kemiskinan," lanjut dia.

Sudirman bercerita, dari pajak yang dibayar rakyat, dirinya mendapat beasiswa sehingga bisa sekolah ke tingkat yang lebih tinggi, bahkan sempat dapat be siswa sekolah ke luar negeri. Hal ini dianggapnya sebagai utang yang harus dibayar.

"Saya berutang pada negara, pada rakyat Jateng. Karena itu saya akan bayar utang itu dengan menjadi gubernur yang berpihak pada orang miskin," ucap dia.

Mantan Menteri ESDM itu memaparkan, secara nasional tingkat kemiskinan di Jawa Tengah masih sangat tinggi.

Baca juga : Pilkada Jateng, Ganjar Pranowo Head to Head dengan Sudirman Said

Sejumlah 15 kabupaten/kota di Jateng masuk dalam zona merah kemiskinan. Kelima belas kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Wonosobo, Kebumen, Brebes, Purbalingga, Rembang, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, Klaten, Sragen, Cilacap, Demak, Purworejo, Grobogan, dan Demak.

Untuk mengatasi kemiskinan itu, Sudirman berencana mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk masyarakat bawah. Mereka harus difasilitasi agar dapat taraf kehidupannya terangkat.

"Kalau yang bawah terangkat, yang tengah dan atas juga akan terangkat. Jadi dengan mengangkat masyarakat bawah dengan sendirinya yang atas ikut terangkat. Sehingga yang tengah dan atas tidak perlu khawatir jika saya menjadi gubernurnya orang miskin," ungkapnya.

Kompas TV Kami berbincang langsung dengan calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com