Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disiksa di Malaysia dan Ditelantarkan PJTKI, Sitiyah Diselamatkan Seseorang di Pelabuhan

Kompas.com - 27/01/2018, 12:48 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Sitiyah, tenaga Kerja wanita (TKW) asal Dusun Wadungdolah, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, yang sempat disiksa majikannya di Malaysia hingga akhirnya ditelantarkan oleh agen PJTKI, akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Saat ini, wanita kelahiran 17 Februari 1973 itu harus berjuang dan tetap sabar serta semangat untuk melawan penyakit yang dideritanya saat ini.

Meski belum diketahui apa sebenarnya penyakit yang dialaminya, paling tidak kini Sitiyah sudah mendapatkan perawatan medis di RSUD Embung Fatimah, Batuaji, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ketua Jogoboyo Batam, Rujito ditemui di RSU Embung Fatimah menceritakan, sebelumnya Sitiyah sempat telantar dan ditemukan seseorang di Pelabuhan Punggur Batam, Kepulauan Riau. Oleh orang tersebut, Sitiyah dibawa pulang dan ditumpangkan di seseorang bernama Adek Nainggolan.

"Pengakuan Adek, temannya itu tukang taksi. Karena iba, akhirnya Sitiyah ditumpangkan di kediaman Adek hingga saat ini, lebih kurang empat bulananlah bersama Adek," terang Rujito.

Baca juga : Cerita Hamidah tentang Ibunya yang Kerja ke Malaysia dan Telantar di Batam

Dari awal ditemukan hingga saat ini, Sitiyah memang sudah sakit-sakitan, hingga akhirnya saat ini Adek mengalami kesulitan ekonomi. Adek pun meminta tolong ke kelurahan agar Sitiyah bisa terus dirawat dan bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya.

"Hingga akhirnya Sitiyah bisa mendapatkan perawatan medis di RSUD Embung Fatimah ini," kata Rujito.

Dari pengakuan Adek, Sitiyah memang kerap dibawa ke rumah sakit, hanya saja tidak sampai rawat inap. Bahkan Adek berencana jika Sitiyah sudah sembuh akan membantunya pulang ke kampung halaman Sitiyah.

"Namun saat itu Adek juga mengaku belum tahu kampung halaman Sitiyah, makanya Adek fokus pada penyembuhan Sitiyah dahulu," ungkap Adek.

Menurut dokter yang menangani korban, Sutiyah mengalami pembengkakan di usus, makanya perutnya sedikit agak membesar, dan itu dibuktikan dengan hasil rontgen.

"Cuma saat ini tim dokter masih terus melakukan pengecekan mendalam, ditakutkan ada gejala lain yang diderita Sutiyah saat ini," kata Rujito.

Lebih jauh Rujito menambahkan, saat ini Sutiyah juga sudah berkomunukasi dengan keluarganya di Dusun Wadungdolah, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Sutiyah juga sudah berkomunikasi dengan anaknya, Hamidah.

"Ya, mudah-mudahan saja Bu Sitiyah cepat sembuh, jadi bisa secepatnya dipulangkan ke kampung halamannya di Dusun Wadungdolah, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur," ujar Rutijo.

Ingin segera pulang

Sitiyah dengan sedikit terbata-bata mengaku dirinya juga sudah kangen dengan kampung halamannya. Jika sudah sembuh, ia ingin segera pulang menemui anak dan cucunya di kampung halaman.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com