Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Cuaca Buruk, Balawisata Pantai Kuta Dapat Bantuan Peralatan

Kompas.com - 24/01/2018, 19:03 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Pantai Kuta menjadi salah satu destinasi unggulan di Bali. Tidak jarang pantai yang terletak di Kabupaten Badung, Bali, ini menelan korban, terutama jika terjadi cuaca buruk. Rata-rata setiap tahun ada 150 warga tenggelam. Ada yang bisa diselamatkan, ada pula yang meninggal.

Untuk meningkatkan kemampuan pelayanan Badan Penyelamat Wisata (Balawisata) Pantai Kuta, Prudence Foundation dan Prudential Indonesia melalui program Safe Steps menyerahkan bantuan peralatan pada Rabu (24/1/2018).

Adapun peralatan yang diberikan Prudence Foundation yaitu dua unit kendaraan all-terrain vehicle (ATV), 20 teropong, dan 30 payung parasol.

Ketua Balawisata Badung I Made Suparka mengaku senang mendapat bantuan tersebut. Menurut dia, Balawisata memang kekurangan peralatan, apalagi saat ini kondisi cuaca sedang buruk. Padahal, setiap harinya mereka harus memantau aktivitas ribuan wisatawan yang datang ke pantai.

"Kami bersyukur sekali ada bantuan seperti ini, selama ini masih kurang. Untuk mobilisasi patroli diperlukan kendaraan khusus di pantai," kata Made.

Baca juga: Delapan Superhero dan Sinterklas Perangi Sampah di Pantai Kuta

Menurut dia, di sepanjang Pantai Kuta terdapat 36 pos petugas dengan jumlah personel 180 orang. Petugas telah memberikan tanda khusus berupa bendera di titik-titik yang aman atau tidak untuk beraktivitas. Namun, ada saja wisatawan yang tetap berenang di area berbahaya.

"Kami kan tidak bisa melarang, tapi terus kami awasi kalau ada yang berenang di area bahaya," ujarnya.

Mengingat tingginya risiko bahaya di Pantai Kuta, Balawisata terus merekrut tenaga andal. Selain itu, dilakukan juga penambahan peralatan dari waktu ke waktu.

Sementara itu, Executive Director Prudence Foundation Marc Fancy mengatakan, Safe Steps First Aid merupakan inisiatif layanan masyarakat yang pertama di Asia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pertolongan pertama (first aid). Menurut dia, pantai merupakan salah satu bagian penting di Bali.

Maka dari itu, diberikan donasi berupa peralatan yang berkaitan dengan perlindungan keselamatan wisatawan untuk mendukung Balawisata.

“Kami senang bisa bekerja sama dengan Balawisata Badung. Melalui kerja sama ini, kami mendukung digiatkannya inisiatif Safe Steps, khususnya di bidang keselamatan di pantai," kata Marc Fancy.

Kompas TV Presiden Joko Widodo membuat vlog di Pantai Kuta Bali yang menunjukkan suasana liburan sejumlah wisatawan baik asing maupun lokal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com