Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Gempa di Lebak, 20 Kecamatan di Sukabumi Terdampak

Kompas.com - 23/01/2018, 20:28 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 6,1 di Lebak, Banten, mengakibatkan banyak bangunan rusak di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (23/1/2018).

Namun, hingga Selasa sore, belum ada data pasti jumlah bangunan rusak terdampak gempa yang terjadi sekitar pukul 13.34 WIB tersebut.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, hingga pukul 15.00 WIB dilaporkan dampak gempa terjadi sedikitnya di 20 kecamatan.

"Sampai sore ini kami mendapatkan laporan adanya kerusakan bangunan dari 20 kecamatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman kepada wartawan, Selasa petang.

Baca juga: Gempa, Peserta Ujian di Sukabumi Berhamburan Keluar Kampus

Dia menuturkan, laporan dari tingkat kecamatan yang diterima berasal dari beberapa desa, di antaranya ada kecamatan yang menyampaikan laporan dari dua desa.

"Laporannya baru sementara, banyak rumah rusak baik ringan hingga berat, juga ada bangunan sekolah," ujar Maman.

"Sekarang kami masih terus mendata dan memverifikasi melalui para relawan yang ada di tingkat kecamatan," sambungnya.

Kompas TV Di Lebak, Banten, sejumlah bangunan tampak rusak akibat gempa. Banyak di antaranya adalah rumah-rumah milik warga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com