"T-Rex" Berjalan Penarik Gerobak di Jogja, Buah Karya Remaja Lulusan SMK

Kompas.com - 21/01/2018, 11:19 WIB
  Muhammad Iqbal Firmansyah (kaos putih, memegang tali kendali di kepala T-Rex) saat mencoba animasi elektronik (animatronik) T-Rex atau Tyrannosaurus Rex. KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Muhammad Iqbal Firmansyah (kaos putih, memegang tali kendali di kepala T-Rex) saat mencoba animasi elektronik (animatronik) T-Rex atau Tyrannosaurus Rex.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Suara raungan Dinosaurus jenis T-Rex atau Tyrannosaurus Rex terdengar di sebuah gang daerah Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta.

Jangan khawatir, suara itu tidak berbahaya.

Suara itu berasal dari animasi elektronik (animatronik) T-Rex atau Tyrannosaurus Rex di tengah kerumunan anak-anak dan bahkan orang dewasa tampak berkumpul di sebuah gang, siang itu.

Mereka memang sengaja datang untuk menyaksikan uji coba animasi elektronik (animatronik) T-Rex atau Tyrannosaurus Rex. Ya, bentuk animatronik itu memang persis seperti T-Rex yang bisa berjalan dengan kedua kakinya.

Seorang anak perempuan duduk di atas kereta yang ditarik oleh animasi elektronik (animatronik) T-Rex. Anak ini memegang tali kendali untuk mengatur arah berjalan T-Rex.

Saat "T-Rex" ini mulai berjalan, anak-anak berlarian mengikuti di belakangnya. Beberapa orang dewasa sibuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

Berawal dari jalan-jalan di mal

Muhammad Iqbal Firmansyah (19) adalah remaja di balik ide kreatif animatronik T-Rex penarik gerobak itu. 

Remaja yang setiap sore berjualan pisang keju setelah lulus dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta itu menceritakan ide awal pembuatan animatronik T-Rex ini.

"Saya jalan-jalan di mal yang kebetulan ada wahana dinosaurus. Saya penasaran, mendekat dan memegang salah satu dinosaurus, tapi dilarang," ujar Iqbal saat ditemui di rumahnya di Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Jumat (19/1/2018)

Sepulang dari mal, remaja yang baru lulus SMK pada tahun 2017 ini lantas memiliki keinginan untuk membuat replika dinosaurus yang bisa berjalan dan bebas dipegang siapa pun, termasuk anak-anak.

"Idenya sebelum bulan puasa 2017 kemarin, Ingin membuat yang bebas dipegang, bisa dinaiki dan berjalan seperti aslinya, bukan dengan roda. Saya lalu memilih dinosaurus jenis T-Rex," tuturnya.

(Baca juga: Cerita di Balik Seliged, Sepeda Listrik Mirip Harley Davidson dari Jogja)

Dia memilih bentuk T-Rex untuk sekaligus mengedukasi anak-anak tentang keberadaan dinosaurus itu pada zaman dahulu.

Halaman:


EditorCaroline Damanik

Terkini Lainnya


Close Ads X