Sabtu Malam, Akses Jalan Trans Sulawesi Lumpuh Total akibat Longsor

Kompas.com - 21/01/2018, 09:18 WIB
Lantaran tertutup longsor, akses jalan trans Sulawesi lumpuh total pada Sabtu (20/1/2018) malam. KOMPAS.ComLantaran tertutup longsor, akses jalan trans Sulawesi lumpuh total pada Sabtu (20/1/2018) malam.
|
EditorDian Maharani

MAJENE, KOMPAS.com– Jalur Lintas Barat Sulawesi, tepatnya di wilayah Majene, Sulawesi Barat tertimbun material longsor, Sabtu (20/1/2018) malam. Material longsor berupa pepohonan dan tanah bercampur bebatuan.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalur penghubung antar-provinsi di Sulawesi itu lumpuh total. Sejumlah kendaraan dari dua arah antre sepanjang sekitar 5 kilometer.

“Saya hampir lima jam terjebak di jalan. Kami susah bepergian dari dalam kendaraan karena hujan. Beruntung belum sempat melintas saat longsor terjadi,” kata Adriani, salah satu pengendara yang hendak pulang ke Mamuju.

Mereka baru bisa melintas kembali setelah material longsor dibersihkan aparat kepolisian, TNI, dan juga warga. Pemerintah setempat juga mengerahkan dua alat berat untuk mengangkut material longsor.

Baca juga : Tambelan Dilanda Banjir dan Longsor, Ratusan Rumah Rusak

Longsor di akses Jalan Trans Sulawesi menyebabkan kemacetan dari dua arah sepanjang sekitar 5 kilometer.KOMPAS.com Longsor di akses Jalan Trans Sulawesi menyebabkan kemacetan dari dua arah sepanjang sekitar 5 kilometer.

Wakapolres Majene Kompol Arif mengatakan, butuh waktu tujuh jam lebih bagi petugas untuk menyingkirkan material longsor dari badan jalan. Namun, petugas akhirnya menggunakan sistem buka tutup jalan karena masih banyak material longsor yang bertebaran di jalan.

“Kami terpaksa menerapkan sistem buka tutup jalan untuk mengurai antrian karena kondisi jalan yang licin dan masih banyak material longsor mebahayakan pengguna jalan,” jelas Arif.

Longsor pada tebing setinggi di Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda, Majene itu menutup seluruh badan jalan setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X