Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhaimin Iskandar: Impor Beras merupakan Pukulan bagi Petani

Kompas.com - 20/01/2018, 18:36 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai impor beras yang dilakukan pemerintah merupakan pukulan bagi petani. Pihaknya menyesali kebijakan tersebut.

"Kami sangat menyesalkan, produksi dalam negeri yang sebetulnya akan memasuki masa panen, tetapi justru bakal melaksanakan impor beras, ini betul-betul pukulan bagi petani kita," kata Cak Imin seusai ikrar pemenangan Sudirman Said dan Ida Fauziah pada Pilkada Jateng, di Kota Magelang, Jumat (20/1/2018) petang.

Sejak awal, ujarnya, PKB telah meminta agar pemerintah menghentikan impor dan meminta memanfaatkan produksi dalam negeri. Menurut Cak Imin, pemerintah perlu juga membenahi distribusi beras sehingga merata di seluruh Indonesia.

"Distribusi beras yang timpang dari berbagai provinsi harus dibenahi, misalnya Sulawesi Selatan yang betul-betul surplus beras bisa dibawa ke Jawa," ucapnya.

Baca juga: Menko Darmin Sebut Impor Beras ke Indonesia Butuh Waktu

Cak Imin mengaku sikap tegas PKB terhadap kebijakan ini telah disampaikan dan didengar Komisi IV DPR RI. Kebijakan impor kemudian dialihkan ke Bulog, tidak lagi pihak swasta.

"Alhamdulillah usulan didengar, pengimpornya digeser ke Bulog, bukan swasta. Bulog lebih mengetahui kondisi realistis beras dalam negeri. Kalau produksi dalam negeri banyak, impor akan dikurangi," imbuhnya.

Seperti diketahui, awal tahun 2018, Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan impor sebanyak 500.000 ton dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan beras nasional.

Kompas TV Simak dialognya dalam Kompas Petang berikut ini!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com