Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Talaud Nonaktif Gabung ke Hanura Kubu Oesman Sapta

Kompas.com - 20/01/2018, 09:33 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Talaud Nonaktif Sri Wahyuni Maria Manalik terlihat hadir pada acara konferensi pers dukungan sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura terhadap kepemimpinan Oesman Sapta Odang di Hotel Manhattan, Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Sri yang tengah dinonaktifkan Menteri Dalam Negeri lantaran pergi ke luar negeri tanpa izin itu mengatakan kehadirannya di sana untuk bergabung di dalam partai yang tengah berkonflik itu.

Meski ia merupakan calon bupati yang tengah maju dari jalur perseorangan, ia mengatakan tetap ingin bergabung dengan Hanura karena sosok Oesman Sapta.

"Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa saya lagi dicalonkan dari jalur perseorangan. Saya terkarik dengan sosok Pak OSO (Oesman Sapta Odang)," kata Sri.

Pengakuan Sri lantas disambut tepuk tangan oleh kader Hanura kubu Oesman Sapta yang hadir di sana.

"Ada fenomena menarik, Bupati dari daerah Talaud, yang namanya cukup populer di media, beliau sekarang maju lagi bertarung jadi Bupati melalui melalui jalur independen. Beliau datang ke Manhattan, beliau mengatakan siap memimpin Hanura di Talaud," kata Ketua DPP Hanura kubu Oesman Sapta, Benny Ramdhani.

Sebelumnya, Sri dianggap melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dengan pergi ke Amerika Serikat tanpa izin resmi dari atasannya.

Pemberhentian sementara Sri dari jabatannya karena kepergiaannya ke Amerika Serikat pada Oktober hingga November 2017. Karena itu, ia pun dinonaktifkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com