Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI dan Polri Evakuasi 14 Anak Penderita Campak dan Gizi Buruk di Asmat

Kompas.com - 19/01/2018, 21:36 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Terpadu Kemanusiaan TNI dan Polri mengevakuasi 14 orang penderita wabah campak dan gizi buruk ke RSUD Agats di Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (19/1/2018).

Tim Satgas mengevakuasi 14 anak penderita campak dan gizi buruk dengan menggunakan kapal milik Sat Polair milik Polres Mimika dari Distrik (Kecamatan) Astj menuju Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Muatofa Kamal menjelaskan, sebelumnya pihaknya mendistribusikan bahan makanan seperti biskuit, susu buat anak balita, air mineral, beras, minyak goreng dan bahan makanan lainnya. Kemudian tim melakukan pemeriksaan medis hingga akhirnya mengevakuasi 14 anak-anak ke RSUD Agats.

"Yang dievakuasi 11 anak penderita gizi buruk, 1 patah kaki dan tangan. Ada juga 2 bayi dievakuasi karena keluarga kena campak atau dalam pengobatan, dengan mengikutsertakan orangtua pasien 11 orang untuk dirujuk ke RSUD Agats, Kabupaten Asmat, dengan menggunakan kapal milik Polair Polres Mimika," jelasnya.

Baca juga : 61 Anak Asmat Meninggal karena Wabah, Legislator Papua Pertanyakan Dana Otsus

Kamal menegaskan, penderita campak dan gizi buruk yang mayoritas anak-anak akan diberi tindakan medis oleh tim medis Satgas terpadu yang dibantu oleh tim kesehatan dari Kabupaten Asmat.

Selain itu, anak-anak tersebut juga akan diberikan makanan tambahan, terutama anak yang mengalami kekurangan gizi agar kondisi mereka dapat pulih kembali.

Kompas TV Bantuan berupa susu formula dan makanan tambahan itu diangkut menggunakan pesawat dari Timika ke Asmat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com