Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Beras Melimpah, Bulog Sulsel Tolak Beras Impor

Kompas.com - 17/01/2018, 17:47 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Meski pemerintah pusat tetap melakukan impor beras sebanyak 500.000 ton, Divisi Regional (Divre) Bulog Sulsel akan menolaknya lantaran stok beras di Sulsel banyak.

Kepala Divre Bulog Sulsel, Dindin Syamsuddin kepada wartawan mengatakan, persediaan stok beras di Sulsel melimpah. Bahkan, persediaan stok beras saat ini bisa mencukupi kebutuhan selama 20 bulan.

"Stok kita banyak kok di Sulsel, bisa bertahan sampai 20 bulan. Apalagi di depan mata, petani akan melakukan panen. Bulog pun sudah melakukan pembelian dari petani hingga 178.000 ton. Dimungkinkan akan melebihi target serapan nantinya," katanya.

Dengan stok beras yang banyak di Sulsel, lanjut Dindin, dimungkinkan beras impor tidak akan terpakai. Meski beras impor akan datang di Makassar, namun diperkirakan hanya transit dan akan disalurkan ke daerah di kawasan Indonesia bagian timur.

"Bulog ini yang ditunjuk sebagai pelaksana, tentunya beras impor akan tersebar di gudang-gudang seluruh Indonesia. Tentunya kapal pengangkut beras membutuhkan pelabuhan yang bagus yang kedalamannya memadai untuk kapal besar masuk. Ya, di Makassar juga termasuk selain beberapa beberapa pelabuhan besar di daerah Jawa. Gudang kita di Sulsel juga besar dan ada berapa lokasi," katanya.

Baca juga : Sudirman Said: Impor Beras Bukan Solusi, Itu Malas Cari Jalan Keluar

Kompas TV Berdasarkan data Kemendag, stok Bulog saat ini adalah 900 ribu ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com